Imunisasi Rutin Tambah 3 Vaksin, Kenali Jenis dan Manfaatnya

Minggu, 24 April 2022 - 10:00 WIB
loading...
Imunisasi Rutin Tambah 3 Vaksin, Kenali Jenis dan Manfaatnya
Kementerian Kesehatan menambah 3 jenis vaksin untuk imunisasi rutin. Bertujuan memberikan perlindungan secara gratis, dan mudah untuk cegah kematian ibu dan anak. Foto/Ilustrasi/Dok.Sindonews
A A A
JAKARTA - Melihat perkembangan penyakit yang menyerang ibu dan anak, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menambah 3 jenis vaksin untuk imunisasi rutin. Bertujuan memberikan perlindungan secara gratis, dan mudah untuk cegah kematian ibu dan anak.

Adapun penambahan 3 imunisasi itu adalah; vaksin Pneumococcal Conjugate Vaccine (PCV), vaksin Rotavirus, dan vaksin Human Papilloma Virus (HPV) termasuk vaksin Human Papilloma Virus (HPV). Bukan tanpa alasan, ketiga vaksin tersebut memiliki manfaatnya masing-masing.

Seperti, PCV mencegah penyakit radang paru, radang selaput otak, radang telinga yang disebabkan oleh bakteri Pneumokokus. Lalu, vaksin Rotavirus untuk mencegah diare berat dan komplikasinya yang disebabkan oleh virus Rota. Sementara vaksin HPV untuk mencegah kanker leher rahim (kanker serviks) pada wanita.

Sehubungan dengan itu, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan imunisasi merupakan cara yang paling tepat dan murah untuk mencegah kematian ibu dan anak. Serta dinilai lebih efektif dalam menekan kasus masuk perawatan di RS.



“Vaksinasi merupakan salah satu intervensi kesehatan yang lebih murah dan lebih efektif daripada intervensi ketika seseorang sudah masuk perawatan di rumah sakit,” kata Budi dalam laman Sehat Negeriku, Minggu (24/4/2022)

Berikut 11 jenis vaksin yang sebelumnya digunakan antara lain :
1. Imunisasi dasar lengkap pada bayi usia 0-11 bulan
-1 Bulan : BCG Polio 1, mencegah penularan tuberculosis dan polio
-2 Bulan : DPT-HB-Hib 1 Polio 2, mencegah polio, difteri, batuk rejan, retanus, hepatitis B, meningitis, & pneumonia
-3 Bulan : DPT-HB-Hib 2 Polio 3
-4 Bulan : DPT-HB-Hib 3 Polio 4
-9 Bulan : Campak, mencegah campak

2. Imunisasi lanjutan bayi usia 18-24 bulan
-Imunisasi DPT-HB-Hib 1 dosis, berfungsi untuk mencegah penyakit difteri, pertusis, tetanus, hepatitis B, pneumonia, dan meningitis.
-Imunisasi campak rubella 1 dosis

3. Imunisasi lanjutan anak sekolah dasar pada program tahunan Bulan Imunisasi Nasional
-Imunisasi campak rubella dan DT pada anak kelas 1
-Imunisasi tethanus diphteria td pada anak kelas 2 dan kelas 5

4. Adapun penambahan 3 imunisasi adalah; vaksin Pneumococcal Conjugate Vaccine (PCV), vaksin Rotavirus, dan vaksin Human Papilloma Virus (HPV). Jika ditotal vaksin di atas menjadi 14 vaksin imunisasi rutin.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2599 seconds (0.1#10.140)