Sandiaga Uno Sebut Sejumlah Desa Wisata Sudah Siap Dikunjungi Wisatawan saat Libur Lebaran

Senin, 25 April 2022 - 20:58 WIB
loading...
Sandiaga Uno Sebut Sejumlah Desa Wisata Sudah Siap Dikunjungi Wisatawan saat Libur Lebaran
Menparekraf Sandiaga Uno mengatakan, bahwa pemudik yang juga akan sekaligus melakukan liburan, dapat mengunjungi sejumlah destinasi wisata di berbagai wilayah di Indonesia. Foto/Dok.Sindonews
A A A
JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, bahwa pemudik yang juga akan sekaligus melakukan liburan, dapat mengunjungi sejumlah destinasi wisata di berbagai wilayah di Indonesia.

Sandiaga menyebut, bahwasannya masing-masing desa wisata telah diberikan pelatihan sehingga dapat bersiap menyambut kunjungan wisatawan, khususnya saat libur lebaran nanti.

"Jadi desa wisata itu ada beberapa klasifikasi mulai dari desa wisata yang rintisan, sampai yang sudah maju dan mandiri. Nah, program anugerah desa wisata Indonesia 2021, ada 50 besar sampai 100 besar," ujar Sandiaga dalam Weekly Press Briefing secara virtual, Senin (25/04/22).

Lebih lanjut, kata Sandiaga, walaupun desa-desa wisata ini masih dalam kategori rintisan, namun mereka sudah bisa menerima dalam kapasitas tertentu. Misalnya, tersedia homestay, fasilitas ekonomi kreatif, sentral UMKM hingga penyediaan toilet yang memadai.



Sandiaga menambahkan, desa-desa wisata ini ada di dalam jadesta, jejaring desa wisata yang bisa diakses melalui www.jadesta.kemenparekraf.co.id. Wisatawan yang ingin melakukan kunjungan ke desa wisata, bisa dengan mudah melihat dan mempersiapkan diri sebelumnya dari laman tersebut.

Sandiaga berharap, mudik dan liburan lebaran kali ini bisa ikut menyukseskan program desa wisata. Guna membantu memulihkan ekonomi kreatif di Indonesia, khususnya pasca pandemi. Di mana kebangkitan ekonomi saat ini terus didorong, hingga pulih kembali.

"Kalau biasanya datang (liburan) ke tempat itu-itu saja, tapi desa wisata menawarkan sensasi berbeda," pungkasnya.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2038 seconds (0.1#10.140)