5 Gejala Kanker yang Sering Diabaikan, Termasuk Maag

Rabu, 27 April 2022 - 05:00 WIB
loading...
5 Gejala Kanker yang Sering Diabaikan, Termasuk Maag
Gejala kanker bisa tidak jelas sehingga sulit bagi dokter untuk mendeteksi pada pemeriksaan pertama. Ada beberapa tanda tidak parah yang mudah disalahartikan. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Gejala kanker bisa tidak jelas dan tidak spesifik, sehingga sulit bagi dokter untuk mendeteksi pada pemeriksaan pertama. Meskipun tidak dapat diduga gejala apa yang mungkin dialami seseorang, ada beberapa tanda tidak parah yang mudah disalahartikan.

Kanker sendiri merupakan penyakit yang rumit. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor dan dapat menjadi kompleks untuk dideteksi pada tahap awal. Penyakit ini sering mengarah pada gejala kecil, berbeda dari kondisi aslinya, yang dapat dikacaukan dengan beberapa penyakit lain.

Berikut lima gejala kanker yang sering diabaikan dilansir dari Times of India, Rabu (27/4/2022).



1. Sakit Punggung Bawah

Nyeri di punggung bawah mungkin cukup sering mengganggu orang. Meskipun umumnya dianggap sebagai akibat dari duduk sepanjang hari di depan laptop untuk tujuan kerja, hal itu dapat mengganggu karena alasan lain juga. Nyeri punggung bawah yang berulang bisa menjadi tanda bahaya kanker.

Hal ini terkait dengan kandung kemih dan kanker ovarium. Gejala ini mungkin tidak muncul dengan tanda-tanda kanker lainnya. Jika sakit punggung Anda tampaknya tidak terkait dengan gerakan dan biasanya paling sakit di malam hari atau dini hari serta disertai dengan penurunan berat badan secara tiba-tiba, konsultasikan dengan dokter.

2. Benjolan di Beberapa Bagian Tubuh

Sementara benjolan yang tidak biasa di payudara atau kulit adalah sesuatu yang diperhatikan, tapi yang ada di testis sering diabaikan. Bisa jadi karena ketidaksadaran akan kanker testis atau hanya kecerobohan. Ketika diabaikan selama bertahun-tahun dapat membahayakan kesehatan.

Kondisi ini membuat pemulihan menjadi lebih menantang. Benjolan apa pun, pembesaran di salah satu testis, perasaan berat di skrotum, dan nyeri tumpul di perut atau selangkangan tidak boleh diabaikan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3833 seconds (0.1#10.140)