MNC Peduli dan RS St. Carolus Ingatkan Pentingnya Imunisasi sejak Dini

Selasa, 26 April 2022 - 16:34 WIB
loading...
MNC Peduli dan RS St. Carolus Ingatkan Pentingnya Imunisasi sejak Dini
Pentingnya pemberian imunisasi kepada anak akan memengaruhi tumbuh kembang hingga masa depannya. / Foto: ilustrasi/dok. SINDOnews/Yohannes Tobing
A A A
JAKARTA - Pentingnya pemberian imunisasi kepada anak akan memengaruhi tumbuh kembang hingga masa depannya. Untuk itu MNC Peduli dan RS St. Carolus dalam pekan imunisasi sedunia yang diperingati 24-30 April, menjadi pengingat bagi ibu dan ayah tentang keharusan menjaga anak sejak dini melalui imunisasi.

Dalam momen yang penting ini, MNC Peduli bekerjasama dengan RS St. Carolus menyelenggarakan talkshow melalui Instagram live pada program Cerita Kita: Pentingnya Imunisasi pada Anak. Instagram live dilaksanakan melalui akun instagram @mncpeduli.id dan @rscarolusjakarta pada Selasa (26/4/2022).

Praktisi dokter spesialis anak RS St. Carolus, dr. Maria Martina Siboe mengatakan, anak bisa diberikan imunisasi mulai dari usia 0 hingga 18 tahun. Meski terlihat agak terlambat, namun harus tetap diberikan.

Baca juga: Tidak Perlu Ganteng, Ini Kriteria Pasangan yang Diidamkan DJ Una

"Penting enggak sih? Penting banget. Kita anggap (imunisasi) sebagai investasi masa depan," ujarnya dalam live Instagram bersama MNC Peduli, Selasa, 26 April 2022.

Lebih lanjut, dia mengutarakan, pemberian imunisasi ini juga dapat mencegah adanya komplikasi penyakit dari anak itu sendiri. Sehingga orang tua jangan sampai keliru dengan adanya pemahaman terkait imunisasi kepada anaknya.

Menurut dr. Maria, perlunya sosialisasi lebih yakni memberikan pemahaman terhadap pentingnya memberikan imunisasi kepada anak. Terdapat juga langkah-langkah yang akan menghapus stigma buruk terhadap imunisasi.

Dokter Maria menambahkan, sebagian orang tua khawatir anaknya akan terjadi sesuatu ketika diberikan imunisasi. Padahal, kata dia, setiap rumah sakit atau fasilitas kesehatan lainnya yang menyediakan pelayanan imunisasi sudah ada prosedur kesehatannya. Sehingga anak akan tetap aman, dan sehat.

Apabila ibu khawatir membawa anaknya ke fasilitas kesehatan untuk diberikan imunisasi, kini ada layanan imunisasi lantatur atau layanan tanpa turun. Di mana nantinya petugas akan memberikan pelayanan drive thru, sehingga tidak perlu dibawa ke rumah sakit.

Baca juga: Mudik Sehat di Tengah Pandemi Covid-19, Ini Kata Dokter Reisa

"Atau yang dibilangnya imunisasi drive thru. Tapi yang tentunya dengan balai konsultasi sebelumnya. Karena hasilnya juga pengen tahu dong, anakku tumbuh kembangnya gimana," pungkasnya.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2863 seconds (0.1#10.140)