6 Makanan Populer Jepang, Paling Tidak Anda Mencobanya Sekali Seumur Hidup

Sabtu, 20 Juni 2020 - 11:28 WIB
loading...
6 Makanan Populer Jepang, Paling Tidak Anda Mencobanya Sekali Seumur Hidup
Bicara soal makanan, Jepang merupakan salah satu negara yang terkenal karena makanannya. Tapi, tak hanya sekadar sushi. Ada banyak makanan yang bisa dicoba. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Jepang adalah salah satu negara yang terkenal dengan praktik budaya dan masakannya. Bicara soal makanan, populeritasnya lebih dari sekadar sushi.

Harus diketahui dulu, makanan tradisional Jepang didasarkan pada lima aturan untuk menghadirkan variasi dan keseimbangan pada hidangan mereka. Ini termasuk unsur lima warna, teknik memasak dan rasa.

Untuk unsur lima rasa, yakni merah, hijau, kuning, putih dan hitam. Sementara untuk unsur lima teknik memasak, mulai makanan mentah, direbus, digoreng, dikukus hingga dipanggang. Adapun unsur lima rasa, yakni asin, manis, asam, pahit dan pedas.

Anda dapat menemukan semuanya dalam satu hidangan atau hidangan yang berbeda. Tak heran jika ada banyak makanan Jepang yang harus Anda coba. Jika masih bingun menentukan makanan yang akan akan Anda coba, berikut 6 makanan Jepang yang paling populer dan paling tidak, Anda harus coba sekali seumur hidup. Seperti dilansir Pink Villa, berikut ulasannya. (Baca juga: 3 Olahan Ayam Pas untuk Sarapan, Makan Siang, dan Makan Malam ).

1. Sushi
Hidangan ini mungkin salah satu makanan Jepang paling terkenal di seluruh dunia. Sushi berasal dari proses pengawetan ikan dalam beras fermentasi. Jika nasi dan ikan tidak dalam harmoni yang sempurna, sushi tidak akan terasa enak.

2. Sup Miso
Sup miso terkenal dengan rasanya yang enak dan manfaat kesehatannya. Disajikan dengan hidangan utama atau lauk. Dari rumput laut dan tahu hingga kepiting dan sayuran, ada beberapa cara untuk membuat sup miso.

3. Sashimi
Sashimi bukanlah sushi. Sashimi merupakan ikan mentah yang diiris-iris, disajikan dengan wasabi atau kecap. Ada beberapa varietas lain yang bisa Anda coba. Beberapa varietas yang paling umum dan populer termasuk maguro, tuna, mackerel dan bream laut.

4. Udon
Ini adalah salah satu makanan paling populer di Jepang karena rasanya yang enak dan fleksibilitas. Udon merupakan mie padat dan kenyal yang terbuat dari tepung gandum. Menariknya, udon bisa dimakan dalam keadaan panas atau dingin.

5. Okonomiyaki
Okonomiyaki merupakan pancake gurih yang dibuat dengan berbagai bahan yang berasal dari Osaka dan Hiroshima. Hidangan ini adalah makanan Jepang yang nyaman.

6. Tempura
Tempura merupakan makanan Jepang yang digoreng. Biasanya makanan yang digoreng berupa sayuran atau makanan laut. Selain itu, Anda bisa menyiapkannya menggunakan bahan-bahan pilihan Anda. Tempura umumnya disajikan dengan semangkuk nasi atau mie dan sup.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1219 seconds (0.1#10.140)