Resep Bumbu Rendang, Bisa Disimpan hingga 4 Minggu

Sabtu, 30 April 2022 - 12:30 WIB
loading...
Resep Bumbu Rendang, Bisa Disimpan hingga 4 Minggu
Bumbu rendang dibuat menggunakan rempah. Dengan bahan dasar daging, rendang menggunakan santan kelapa dan bumbu khas lainnya yang dihaluskan menjadi satu. Foto/Endeus TV
A A A
JAKARTA - Bumbu rendang dibuat menggunakan rempah yang kaya. Dengan menggunakan bahan dasar daging, rendang menggunakan santan kelapa dan bumbu khas lainnya yang dihaluskan menjadi satu.

Mulai dari cabai, serai, lengkuas, hingga kunyit. Bumbu rendang sendiri bisa disimpan satu hingga empat minggu lantaran menggunakan bahan alami yang bersifat antiseptik dan membunuh bakteri pantogen.

Sifat tersebut diketahui bisa sebagai bahan pengawet. Namun, dalam membuat rendang dibutuhkan kesabaran ekstra lantaran makanan khas Mingakabau ini membutuhkan waktu yang lama untuk memasaknya.

Tertarik untuk membuatnya? Berikut resep bumbu rendang seperti dikutip dari buku Aroma Rasa Kuliner Indonesia: Aneka Olahan Rendang karya Lily T Erwin, Sabtu (30/4/2022).


Bahan-Bahan:
50 gram kelapa parut, sangrai
200 ml santan kental
2 lembar daun jeruk
2 lembar daun salam
1 lembar daun kunyit
1 buah asam kandis
2 sendok makan gula merah
1 batang serai, memarkan

Bumbu Halus:
3 sdm cabai merah, iris
3 sdm bawang merah, iris
1 sdm bawang putih, iris
1 sdm lengkuas, haluskan
1 sdm garam

Cara Membuat:
Masak santan dan bumbu halus. Aduk santan hingga merata. Tambarkan daun jeruk, daun salam, daun kunyit, asam kandis, gula merah dan serai.

Masak hingga bumbu menyusut dan minyak kelapa terlihat. Masukkan parutan kelapa yang sudah disangrai secara perlahan. Aduk bumbu dan parutan kelapa hingga tercampur merata.

Bumbu rendang siap dihidangkan.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1244 seconds (0.1#10.140)