Langkah-Langkah Mudah Merawat Rambut di Rumah Sendiri

Sabtu, 25 April 2020 - 04:24 WIB
loading...
Langkah-Langkah Mudah Merawat Rambut di Rumah Sendiri
Anda bisa memanjakan rambut di rumah dengan hair spa ketika tidak bisa ke salon akibat pandemi Covid-19. / Foto: FirstCry Parenting
A A A
JAKARTA - Rambut merupakan mahkota wanita yang penting untuk dirawat.Guna mendapatkan rambut yang sehat dan kuat, tentu perlu perawatan khusus, salah satunya hair spa. Perawatan rambut yang biasa dilakukan di salon ini memberikan banyak manfaat seperti memperkuat folikel rambut, membantu pertumbuhan rambut yang rusak, patah atau rontok, serta dapat membuat rambut lebih berkilau.

Dengan kondisi pandemi Covid-19 seperti saat ini,mau tidak mauhair spa terpaksa harus dilakukan secara mandiri di rumah, karenaAndatidak bisa mengunjungi salon untuk melakukan perawatan.Anda pun bisa memanjakan perawatan rambut di rumah sendiri dengan langkah-langkah seperti dikutip Sociolla berikut ini.

1. Pilih sampo yang lembut di rambut

Semua perawatan rambut pada dasarnya perlu dimulai dengan mencuci rambut terlebih dahulu. Gunakan sampo yang lembut dan dimulai dengan memijat kulit kepala hingga ujung rambut. Lakukan selama 10-15 menit sehingga membuat Anda rileks. Hal ini bertujuan untuk membantu membersihkan rambut dari kotoran, keringat, hingga minyak yang terdapat di kulit kepala.

2. Gunakan kondisioner sesuai jenis rambut

Kondisioner bekerja menutrsi dan melembapkan rambut. Pastikan untuk memakai produk ini tepat pada helaian rambut, yaitu dimulai dari bagian tengah rambut hingga ke ujung. Jika Anda selama ini menggunakan kondisioner dari kulit kepala, biasanya akan muncul banyak ketombe dan kulit kepala terasa lengket. Oleskan kondisioner dari tengah rambut hingga ke ujung, kemudian diamkan selama 2 menit dan bilas hingga bersih.

3. Oleskan krim rambut

Ini merupakan langkah yang paling penting. Pastikan untuk menggunakan krim rambut yang sesuai kebutuhan rambut Anda, misalnya rambut rontok, kering atau kusam. Gunakan sisir dan klip rambut untuk membagi rambut menjadi enam bagian. Cara ini dilakukan agar seluruh bagian rambut terkena krim hair spa.

4. Steam rambut

Jika di salon menggunakan mesin, kali ini Anda bisa mencoba cara lain yang lebih sederhana untuk steam rambut, yakni gunakan handuk yang dicelup ke dalam air panas. Setelah handuk terasa hangat, gunakan ke kepala Anda untuk membungkus rambut agar krim bisa meresap ke setiap helaian rambut. Menggunakan handuk dipercaya lebih baik daripada menggunakan mesin uap. Panas dari handuk membantu membuka pori-pori dan memungkinkan nutrisi diserap lebih cepat ke kulit kepala. Lakukan tahap ini selama 20 menit dan bilas dengan air bersih.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6193 seconds (0.1#10.140)