Kemenkes Ungkap Gejala Hepatitis Misterius yang Sebabkan 3 Anak Meninggal Dunia

Kamis, 05 Mei 2022 - 09:22 WIB
loading...
Kemenkes Ungkap Gejala Hepatitis Misterius yang Sebabkan 3 Anak Meninggal Dunia
Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengungkapkan sejumlah gejala hepatitis misterius yang perlu diwaspadai para orang tua bagi anak-anaknya. Foto/ilustrasi/ist
A A A
JAKARTA - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengungkapkan sejumlah gejala hepatitis misterius yang perlu diwaspadai para orang tua bagi anak-anaknya.

Ketiga anak yang meninggal diduga terjangkit Hepatitis misterius tersebut, telah dirawat di RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo Jakarta. Di mana belum diketahui penyebabnya meninggal dunia, dalam kurun waktu berbeda dengan rentang dua minggu terakhir hingga 30 April 2022.

"Belum, seperti WHO sampaikan Hepatitis akut yang belum diketahui penyebabnya," ujar Juru Bicara Kemenkes dr. Siti Nadia Tarmizi, M.Epid kepada MNC Portal, Rabu (4/5/2022).

Lebih lanjut, Nadia menjelaskan beberapa gejala perlu diwaspadai antara lain; gejala kuning, sakit perut, muntah-muntah dan diare mendadak, buang air kecil berwarna teh tua, buang air besar berwarna pucat, kejang, penurunan kesadaran.



Sejauh ini, penyebab dari penyakit tersebut masih belum diketahui. Pemeriksaan laboratorium diluar negeri telah dilakukan dan virus hepatitis tipe A, B, C, D dan E tidak ditemukan sebagai penyebab dari penyakit tersebut.

Sementara, gejala klinis pada kasus yang teridentifikasi adalah hepatitis akut dengan peningkatan enzim hati, sindrom jaundice (Penyakit Kuning) akut, dan gejala gastrointestinal (nyeri abdomen, diare dan muntah-muntah) tapi sebagian besar kasus, tidak ditemukan adanya gejala demam.

Saat ini telah ada sembilan gejala tambahan telah ditambahkan ke daftar resmi NHS. Daftar gejala barunya yaitu;

* Sesak napas
* Merasa lelah atau lelah
* Tubuh yang sakit
* Sakit kepala
* Sakit tenggorokan
* Hidung tersumbat atau berair
* Kehilangan selera makan
* Diare
* Merasa sakit atau badan sakit

Sehubungan muncul wabah Hepatitis misterius di tengah Covid-19, Nadia menerangkan agar masyarakat tetap waspada dengan Hepatitis akut menyerang anak-anak ini. Dia menghimbau untuk tetap, melakukan pencegahan, dengan mematuhi protokol kesehatan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1285 seconds (0.1#10.140)