alexametrics

Daftar Perlengkapan yang Perlu Dimiliki Ibu Baru, Cek di Sini!

loading...
Daftar Perlengkapan yang Perlu Dimiliki Ibu Baru, Cek di Sini!
Lingkungan, tempat, dan pakaian yang nyaman diperlukan agar bayi dapat tidur lebih nyenyak. Foto/Dok. Mothercare
A+ A-
JAKARTA - Saat ibu sedang mengandung khususnya anak pertama, ada banyak referensi mengenai barang “penting” yang harus ibu dan bayi miliki. Sering kali ibu baru bingung barang apa yang sangat diperlukan untuk dirinya dan sang buah hati.

Sebagai penyedia perlengkapan ibu hamil dan anak, Mothercare memiliki empat kategori perlengkapan yang harus dimiliki oleh ibu baru serta anak untuk memudahkannya merawat buah hati tercinta secara nyaman. Berikut ulasannya. (Baca Juga: 4 Aktivitas Fisik Ini Berubah Selama Pandemi)

1. Perlengkapan Tidur Anak
Saat bayi tidur, otaknya tumbuh dan berkembang sehingga tidur yang berkualitas sangat penting untuk perkembangan otak bayi. Maka lingkungan, tempat, dan pakaian yang nyaman diperlukan agar anak dapat tidur lebih nyenyak.

Barang yang diperlukan untuk mendukung bayi agar tidur lebih nyenyak adalah sleepsuit yang merupakan baju tidur tertutup hingga kaki, juga swaddle blanket yang merupakan kain bedong yang membantu bayi merasa aman saat ia menyesuaikan diri dengan kehidupan di luar rahim. Jangan lupa tempat tidur bayi dengan rangka kuat serta kasur yang empuk, dan baby bouncer atau kursi goyang yang memungkinkan bayi duduk dengan semi-berbaring. Perlengkapan ini juga memiliki efek menenangkan dan dapat membuat bayi tertidur.

2. Perlengkapan Menyusui
Hal esensial yang harus dimiliki oleh ibu menyusui adalah breastpump, breast pad, tempat penyimpanan susu bisa dalam botol atau breastmilk storage bag, dan khusus ibu bekerja harus memiliki cooler bag untuk menyimpan susu.

Nipple cream juga perlu disiapkan di rumah. Oleskan pada area puting setelah menyusui dan setelah membilas area liur bayi lalu menepuknya sampai kering. Bersihkan area puting terlebih dulu sebelum kembali menyusui. Untuk menyusui lebih nyaman dan membuat ibu tidak merasa pegal, nursing pillow juga bisa dijadikan opsi. Pilih bantal menyusui yang sesuai dengan tubuh Anda. Idealnya agar tubuh dan kepala bayi Anda diposisikan pada ketinggian yang sama dengan puting.

3. Bepergian dengan Bayi
Bepergian dengan bayi membutuhkan banyak perlengkapan tambahan dan terkadang penuh tantangan. Baby carrier atau gendongan dapat mempermudah ibu untuk beraktivitas sekaligus mendukung postur alami bayi.

Penggunaan car seat memang belum begitu populer di Indonesia dan ini yang harus diubah. Sebuah penelitian yang diterbitkan di Pediatrics menunjukkan, untuk anak-anak baru lahir hingga 3 tahun, duduk di kursi belakang tengah 43% lebih aman dibandingkan duduk di samping di belakang. Pastikan pula car seat menghadap ke depan bukan ke belakang.(Baca Juga: 6 Tanda Pasangan Anda Menghindari Komitmen)

Untuk bayi baru lahir, pilihlah stoller atau kereta dorong dengan senderan yang dapat diturunkan hingga mendatar, karena bayi baru lahir belum dapat duduk atau mengangkat kepala. Saat ini sudah banyak kereta dorong yang dapat digunakan sejak bayi baru lahir hingga anak berusia 3-4 tahun yang disesuaikan dengan berat badan mereka.

Pilihlah pula diaper bag atau tas penyimpanan yang memiliki banyak ruang seperti saku yang cukup besar untuk membawa semua kebutuhan bayi.

4. Kebersihan
Menjadi sangat penting untuk menjaga kesehatan bayi dengan menjaga kebersihan sejak dini. Tisu basah multiguna bisa dibeli. Bersihkan pula botol dan peralatan bayi lain menggunakan sterilizer. Proses sterilisasi membantu mencegah penyebaran bakteri atau kuman saat menyusui bayi Anda, karena ia belum mengembangkan sistem kekebalan tubuhnya.

Gunakan baby tub atau bak mandi bayi saat memandikan agar dapat membersihkan bayi pada ketinggian yang nyaman bagi orangtua dan memungkinkan mereka melakukan kontrol lebih besar terhadap bayi yang belum bisa menopang kepala sendiri ataupun duduk.
(tsa)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak