Pecahkan Rekor Lelang, Gitar Kurt Cobain Laku Rp85,5 Miliar

Minggu, 21 Juni 2020 - 14:55 WIB
loading...
Pecahkan Rekor Lelang, Gitar Kurt Cobain Laku Rp85,5 Miliar
Konser Nirvana di New York yang disiarkan MTV melalui program Unplugged merupakan salah satu pertunjukan paling diingat sepanjang masa. Foto/Courtesy of MTV
A A A
JAKARTA - Gitar milik vokalis Nirvana, Kurt Cobain , yang pernah dipakainya dalam cara “MTV Unplugged” pada 1993 berhasil terjual sebesar USD6,01 juta atau sekitar Rp85,5 miliar melalui sebuah ajang lelang di Los Angeles.

Gitar yang dilelang itu adalah jenis Martin D-18E produksi tahun 1950, yang awalnya dibeli oleh Cobain dari toko Voltage Guitars. Harga yang didapatkan instrumen tersebut memecahkan rekor lelang gitar sebelumnya milik personel Pink Floyd, David Gilmour. Gitar Gilmour tahun lalu "hanya" laku terjual sebesar USD3,95 juta atau sekitar Rp51 miliar. ( a)

Konser Nirvana di New York yang disiarkan MTV melalui program "Unplugged" merupakan salah satu pertunjukan paling diingat sepanjang masa, seiring penjualan album mereka yang sukses kala itu. Tragisnya, lima bulan setelah pertunjukan tersebut, Cobain diberitakan meninggal dunia. Tahun 1996, live album Nirvana dari ajang "MTV Unplugged" ini meraih piala Grammy untuk kategori best alternative music performance.

Laman Variety melaporkan, di awal pembukaan lelang, rumah lelang Julien’s Auctions selaku penyelenggara acara, sudah menerima penawaran sebesar USD1 juta untuk gitar Cobain tersebut. Setelah itu ada tiga penawaran lagi, dan pada Sabtu (20/6) malam angka penawaran tertinggi jatuh pada nominal USD6,01 juta.

Adalah Peter Freedman, Co-Founder Rode Microphones, yang memenangkan lelang ini. Selain gitar, Freedman juga berhak mendapatkan hard-shell case orisinal yang dihiasi flyer album "Feel the Darkness" milik band punk rock di era 1990-an, Poison Idea. Pada case tersebut juga masih tertera tiga tiket baggage claim pesawat serta stiker berlogo Alaska Airlines.

Di samping itu, ada juga paket string dari seri gitar Martin, tiga pick gitar, plus tas berbahan suede yang berisi sendok perak, garpu, dan pisau. ( )

Bukan cuma gitar Cobain, barang lain milik band Nirvana juga ikut dilelang pada perhelatan yang digelar secara online pada 19-20 Juni itu. Sebut saja poster “Nevermind” yang bertanda tangan yang laku terjual USD56.250 atau sekitar Rp788 juta; kamera, film negatif, dan cetakan foto hasil pemotretan Nirvana untuk majalah Spin tahun 1992 yang terjual USD35.200 atau sekitar Rp493 juta; serta beberapa all-access passes Nirvana yang masing-masing laku terjual USD512 atau sekitar Rp7,3 juta.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1693 seconds (0.1#10.140)