Ibunda Kiki Farrel Meninggal Dunia karena Kanker Usus, Ini Penyebab dan Gejalanya

Kamis, 12 Mei 2022 - 11:25 WIB
loading...
Ibunda Kiki Farrel Meninggal Dunia karena Kanker Usus, Ini Penyebab dan Gejalanya
Kabar duka datang dari aktor Kiki Farel. Pasalnya, sang Ibunda yaitu Mama Dahlia menghembuskan nafas terakhir setelah mengidap kanker usus selama beberapa tahun terakhir. Foto/Ilustrasi/Ist
A A A
JAKARTA - Kabar duka datang dari aktor Kiki Farrel . Pasalnya, sang Ibunda yaitu Mama Dahlia menghembuskan nafas terakhir setelah mengidap kanker usus selama beberapa tahun terakhir.

Lantas, apa sebenarnya penyebab dan gejala kanker usus seperti yang diderita Ibunda Kiki Farrel?

Kanker usus adalah jenis kanker yang biasanya berkembang dari usus besar atau muara akhir saluran pencernaan. Bahayanya, saat belum berkembang gejala kanker usus sering tak disadari.

Dilansir dari Healthline, beberapa faktor yang dapat memicu kanker usus diantaranya faktor usia, genetik, gaya hidup, dan riwayat penyakit.

Baca Juga: Kabar Duka, Ibunda Kiki Farrel Meninggal Dunia

Menurut data dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) bahwa banyak penderita kanker usus didominasi oleh orang yang merokok, kurang berolahraga dan peminum alkohol.

Selain itu, penyakit kanker usus merupakan jenis kanker paling umum ketiga di Amerika Serikat. Sekitar 1 dari 23 pria dan 1 dari 25 wanita beresiko terkena kanker usus selama hidup mereka.

Berikut gejala awal kanker usus besar yang tidak boleh diabaikan dan wajib diwaspadai diantaranya:

1. Penurunan berat badan secara drastis

2. Sembelit

3. Perubahan warna tinja

4. Diare

5. Pendarahan dalam tinja

6. Buang angin secara berlebihan

7. Kram perut

Banyak dari gejala ini juga dapat disebabkan oleh kondisi lain yang kurang serius. Namun, ada baiknya untuk menemui dokter jika kamu mengalami gejala-gejala ini selama lebih dari satu atau dua minggu.

Diagnosis dini kanker usus memberi kamu peluang terbaik untuk menyembuhkannya. Karena kanker usus sering tidak menunjukkan gejala pada tahap awal, kanker ini sering terdeteksi selama pemeriksaan rutin.

Itu sebabnya, Satuan Tugas Layanan Pencegahan AS merekomendasikan skrining kanker usus mulai dari usia 45 tahun, mengingat orang yang lebih muda rentan didiagnosis menderita kanker usus.
(hri)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1344 seconds (10.55#12.26)