Podcast Aksi Nyata Ungkap Cara Pahami Gaya Komunikasi Antargenerasi

Senin, 16 Mei 2022 - 19:14 WIB
loading...
Podcast Aksi Nyata Ungkap Cara Pahami Gaya Komunikasi Antargenerasi
Poetri Soehendro (kiri) dalam podcast Aksi Nyata bertajuk Bagaimana Memahami Rahasia Gaya Komunikasi Antar Generasi yang ditayangkan di kanal YouTube Partai Perindo. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Perbedaan usia antarmanusia kerap menimbulkan beberapa kendala, salah satunya komunikasi.

Communication Experts Poetri Soehendro mengatakan, dunia semakin berubah sehingga banyak generasi baru yang lahir dan memiliki karakter berbeda-beda.

"Cara ngomongnya berbeda-beda, jadi rumit," ujar Poetri dalam podcast Aksi Nyata bertajuk Bagaimana Memahami Rahasia Gaya Komunikasi Antar Generasi dikutip dari kanal YouTube Partai Perindo, Senin (16/5/2022).

Poetri memberi contoh, saat menyapa dengan ucapan 'selamat pagi' kepada rekan-rekan kantor hingga atasan, menurut generasi baby boomers, hal itu sudah biasa dan bagian dari etika kesopanan.

Sementara itu, generasi milenial cenderung tidak terlalu nyaman dengan basa-basi. Menurut Poetri, generasi milenial lebih menyukai hal-hal yang menurut mereka penting, dan fokus pada hal lain.

"Yang tadinya aku sopan, tapi buat milenial dan gen Z itu membosankan," katanya.



Untuk itu, lanjut Poetri, agar komunikasi antargenerasi bisa menyatu dan berjalan dengan baik, hindari asumsi yang berlebihan. Termasuk generasi baby boomers, perlahan harus mengetahui bahwa anak zaman yang sedang dihadapi berbeda pada masa mereka dulu.

Selain itu, diperlukan juga adaptasi di antara berbagai generasi dan jangan memaksakan kehendak. Apalagi sampai membanding-bandingkan cara berkomunikasi antargenerasi tersebut, jangan sampai akhirnya terjadi kesalahpahaman.

"Jadi jangan memaksakan kehendak kita," tandasnya.
(tsa)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1592 seconds (11.97#12.26)