Tips agar Anak Tidak Terlalu Kecanduan Bermain Gadget

Senin, 16 Mei 2022 - 17:29 WIB
loading...
Tips agar Anak Tidak Terlalu Kecanduan Bermain Gadget
Perkembangan sosial dan emosional anak bisa terganggu jika penggunaan gadget pada mereka tidak dikontrol. / Foto: ist
A A A
JAKARTA - Perkembangan sosial dan emosional anak bisa terganggu jika penggunaan gadget pada mereka tidak dikontrol.

Dari sejumlah penelitian, ditemukan beberapa dampak buruk penggunaan gadget pada anak yakni anak menjadi pribadi tertutup, gangguan tidur, suka menyendiri, perilaku kekerasan, pudarnya kreativitas, dan ancaman cyberbullying.

Sementara, sejak pandemi Covid-19 , semakin banyak anak yang kecanduan bermain handphone. Pasalnya, selain tuntutan sekolah online, akitivitas anak juga terbatas.

Baca juga: Britney Spears Alami Keguguran, Kenali Gejala dan Penyebabnya

Lalu, bagaimana cara mengurangi kecanduan gadget dan tayangan online pada anak?

Influencer dan mama muda asal Surabaya, Sherly Lembono menyebutkan, memang tidak mudah mengubah kebiasaan si anak dalam waktu singkat.

Menurut pemilik akun Instagram @sherlylembono ini, agar anak tidak berontak saat melepas HP, maka dibutuhkan kerja sama dan komitmen dari kedua orangtua.

"Orang tua harus berkomitmen untuk tidak memberikan gagdet dan tayangan," ungkapnya dalam keterangan pers, baru-baru ini.

Apabila sudah berkomitmen, langkah selanjutnya adalah menemani dan mendampingi anak dengan memberikan aktivitas yang cukup untuk mengalihkan perhatian ke anak. Itu bisa dilakukan dengn mengajak si anak beraktivitas di luar rumah.

"Orang tua juga tidak bermain gagdet dan nonton tayangan online di depan anak. Usahakan main gagdet dan nonton tayangan online setelah anak tidur," kata wanita kelahiran Surabaya, 14 oktober 1994 ini.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4372 seconds (0.1#10.140)