Waspadai Hepatitis Akut, Jangan Tunda ke Rumah Sakit jika Alami Gejala Ini

Selasa, 17 Mei 2022 - 19:13 WIB
loading...
Waspadai Hepatitis Akut, Jangan Tunda ke Rumah Sakit jika Alami Gejala Ini
Mayoritas orang tidak menyadari jika dirinya sakit lantaran belum mengalami gejala yang parah. / Foto: tangkapan layar YouTube Partai Perindo
A A A
JAKARTA - Mayoritas orang tidak menyadari jika dirinya sakit lantaran belum mengalami gejala yang parah . Kondisi mual, muntah, atau kehilangan nafsu makan dianggap bukan sesuatu yang perlu diwaspadai.

Padahal, kalau gejala berlanjut ke warna urine keruh seperti teh, berat badan terus turun, demam, disertai warna feses pucat, atau sampai kulit dan bola mata berwarna kuning, Anda perlu waspada hepatitis akut misterius.

Gejala-gejala tersebut adalah gejala hepatitis akut misterius. Oleh karenanya, jika mengalami gejala itu sangat disarankan agar segera datangi fasilitas kesehatan seperti rumah sakit.

Baca juga: Rossa Sudah Tak Sabar untuk Temui 5.000 Penonton di Konser 25 Tahun Berkarya

"Jangan anggap mual muntah tapi ada kehilangan nafsu makan cuma dianggap masuk angin. Kalau kondisi memburuk, itu bisa saja penyakit yang lebih serius termasuk hepatitis akut misterius," ujar Wakil Ketua Bidang Kesehatan dan Pelayanan Sosial DPD Partai Perindo, Deni Rahman dalam Podcast Aksi Nyata bertajuk Kasus Hepatitis Akut Terus Meningkat, Waspada dan Cegah! yang tayang di kanal YouTube Partai Perindo, Selasa (17/5/2022).

Deni sangat menyarankan masyarakat untuk segera datangi rumah sakit jika mengalami gejala-gejala tersebut. "Pertolongan yang diberikan dokter di rumah sakit tentu yang terbaik dan ini bisa membantu Anda mencapai kesembuhan, karena hepatitis akut misterius bisa sembuh," terangnya.

Pada anak-anak, menurut Deni, ada tambahan gejala yang perlu diperhatikan yaitu kejang-kejang dan kehilangan kesadaran. Ini menandakan bahwa kondisi tubuh semakin menurun dan jika dibiarkan bisa berakibat fatal.



Ya, Deni menjelaskan kalau secara umum hepatitis yang terabaikan atau tidak ditangani dengan benar akan berujung pada kanker hati hingga kematian.

"Hepatitis itu pada umumnya membuat peradangan pada hati. Hati yang radang tapi dibiarkan begitu saja akan membuat hati rusak dan pada akhirnya bisa menyebabkan kanker. Dampak terburuknya, ya, kematian," jelasnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1288 seconds (0.1#10.140)