Festival Film Internasional Balinale 2022 Bakal Sajikan 63 Film dari 26 Negara

Rabu, 18 Mei 2022 - 15:31 WIB
loading...
Festival Film Internasional Balinale 2022 Bakal Sajikan 63 Film dari 26 Negara
Festival film tahunan berskala internasional Balinale atau Bali International Film Festival kembali digelar pada Juni 2022. / Foto: ist
A A A
JAKARTA - Festival film tahunan berskala internasional Balinale atau Bali International Film Festival kembali digelar. Pada edisi tahun ke-15, Balinale kembali ke lokasi acara yang banyak menghadirkan kenangan, yakni Cinema XXI di Beachwalk, Kuta, Bali.

Seluruh kegiatan program festival tersebut diagendakan berlangsung pada 9-12 Juni 2022.

Dalam festival Balinale akan hadir banyak film yang baru dirilis, dan berkelas World Premiere, Asian Premiere maupun Indonesian Premiere. Baik dari produser global maupun produser lokal.

Baca juga: Sudah Sembuh, 4 Pasien Hepatitis Akut Dipulangkan dan Takkan Menulari Orang Lain

Pendiri dan Direktur Eksekutif Balinale, Deborah Gabinetti mengungkapkan, salah satu hal menarik dalam Balinale tahun ini adalah pihaknya akan membawa sebuah presentasi hologram unik dari Stanley Kwan yang datang langsung dari Hong Kong.

"Program ini merupakan persembahan produser dan sutradara Hong Kong, Stanley Kwan yang menghadirkan karya inovatif klasik yang sudah direnovasi, yaitu Rouge (1988). Sekaligus menandai perayaan tahun ke-25 Hong Kong SAR," jelas Deborah dalam keterangan persnya, Rabu (18/5/2022).

Balinale tahun ini akan terus mengikuti tradisi panjangnya dalam menghadirkan film-film independen dengan berbagai genre, gaya dan bahasa. Termasuk program film-film panjang dan pendek, dokumenter, serta film dokudrama.

Gabinetti menambahkan bahwa misi festival Balinale adalah untuk mempromosikan sinema independen dan menampilkan karya-karya terbaik dari Indonesia.

Seperti diketahui, karya film dari Indonesia semakin banyak mendapat pengakuan global di festival film internasional seperti Locarno Film Festival, Toronto dan Red Sea Festival.

"Sudah menjadi semangat kami untuk mengekspos film Indonesia bersama dengan line-up internasional, yang kami harap akan mendorong kebanggaan dan semangat para pembuat film lokal kami," kata Gabinetti.

"Ada semangat baru yang lebih terarah dan sangat jelas dari para filmmaker di seluruh Indonesia. Dan rasanya industri perfilman global harus melihat semua pencapaian positif dari industri perfilman Indonesia ini," katanya lagi.

Baca juga: Melalui Single Bungkam, Daun Jatuh Suguhkan Kisah Getir Jatuh Cinta pada Sahabat

Sementara itu, sebanyak 63 film yang mewakili 26 negara akan diputar selama empat hari di Balinale. Film Keluarga Cemara 2 secara resmi membuka rangkaian festival pada 9 Juni 2022.
(nug)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1737 seconds (11.97#12.26)