Variasi Kopi Empat Pulau, Cita Rasa Nusantara

Kamis, 19 Mei 2022 - 16:50 WIB
loading...
Variasi Kopi Empat Pulau, Cita Rasa Nusantara
Indonesia adalah negara yang diberkahi dengan letak geografis dan struktur tanah baik tempat bertumbuhnya kopi. / Foto: ist
A A A
JAKARTA - Indonesia adalah negara yang diberkahi dengan letak geografis dan struktur tanah baik tempat bertumbuhnya kopi . Beberapa wilayah di Indonesia tersebar perkebunan kopi yang masing-masing hasil kopinya memiliki karakteristik unik dan berbeda-beda.

Kopi beberapa tahun belakangan menjadi tren bisnis yang marak, juga produk kopi saat ini digandrungi banyak kalangan terutama anak muda Indonesia .

Lalu apa yang membuat kopi begitu populer dan bahkan mudah diterima lidah orang Indonesia? Yuk simak wawancara Tim Vokhum Fest dengan pihak KnJ Co. Cirendeu!

Baca juga: Unggah Video Viral Berkesempatan Menang Jutaan Rupiah Cuma di RCTI+

Vokhum Fest merupakan program kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa dan dosen di Program Studi Hubungan Masyarakat Vokasi Universitas Indonesia.

Program ini rutin diselenggarakan setiap tahunnya dengan target membantu UMKM dalam meningkatkan mutu merek, produk, dan promosi digital.

Tim Vokhum Fest saat mewawancarai Coach Hendra, seorang barista di gerai KnJ Co. Cirendeu dengan kepiawaian belasan tahun mengolah kopi dari biji sampai siap diminum, mendapatkan fakta bahwa kopi memiliki cita rasa yang unik.

Meskipun sebagian orang menilai rasa kopi sama saja, namun bagi lidah para penikmat, hal ini akan sangat kontras perbedaannya apabila jenis kopinya pun berbeda pula.



Menurut barista dari KnJ Co. Cirendeu, Coach Hendra, sajian kopi terbaik adalah kopi yang di-roasting dengan baik, dan diseduh berdasarkan pilihan jenis biji kopinya.

"Di Indonesia, ada banyak sekali variasi biji kopi yang dapat kita blend menjadi satu produk yang unik. KnJ Co. sendiri telah menerapkannya, dengan mengusung konsep 'kopi empat pulau', yang berarti memadukan empat jenis kopi dari empat pulau di Indonesia, yang terdiri dari tiga jenis kopi arabica dan satu jeni kopi robusta," kata Coach Hendra saat diwawancarai, belum lama ini.

Menurutnya, tipikal orang Indonesia menyukai kopi yang tidak terlalu asam dengan medium dark roast. Dia pun memilih menggunakan biji arabika untuk memajukan kopi Indonesia, kemudian dipadukan dengan jenis kopi robusta.

Baca juga: 5 Artis Menikah dengan Manajernya, Nomor Terakhir Sempat Diterpa Ujian Berat

Hal tersebut berasal pengalaman Coach Hendra selama belasan tahun berkecimpung di dunia kopi. Hal ini juga didapatkan Coach Hendra dengan bertanya pada orang-orang tentang cita rasa kopi seperti apa yang mereka inginkan dan mencoba produk buatannya.

Tertarik mencicipi olahan "kopi empat pulau".
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2100 seconds (0.1#10.140)