Begini Cara Mendidik Anak Muda dalam Membangun Sikap Menghormati Kearifan Lokal

Kamis, 19 Mei 2022 - 20:38 WIB
loading...
Begini Cara Mendidik Anak Muda dalam Membangun Sikap Menghormati Kearifan Lokal
Sebagai orang Indonesia, tentu kita bangga dengan segala kearifan lokal yang dimiliki. / Foto: tangkapan layar YouTube Partai Perindo
A A A
JAKARTA - Indonesia merupakan negara yang cukup unik dibanding dengan negara lainnya di dunia ini. Memiliki 34 provinsi, Indonesia memiliki suku, adat, dan budaya yang berbeda di setiap daerahnya.

Sebagai orang Indonesia, tentu kita bangga dengan segala kearifan lokal yang dimiliki. Tak sekadar bangga, kita juga harus memiliki rasa menghargai dan menghormati apalagi bila mengunjungi suatu tempat atau daerah yang asing bagi kita.

Hal tersebut sebagaimana disampaikan Juru Bicara Partai Perindo, Ike Suharjo dalam Podcast Aksi Nyata, Kamis (19/5/2022). Menurut Ike, penting bagi kita terutama generasi muda untuk menghargai kearifan lokal dimulai dari cara yang sederhana.

Baca juga: Belajar Mencintai Kearifan Lokal dari Film KKN di Desa Penari

"Misalnya kalau berkunjung ke suatu daerah, kita harus mengikuti aturan yang ada dan jangan dilanggar. Seperti melakukan asusila di tempat yang tidak dianjurkan, berkata kasar, dan lainnya," ungkap Ike dalam Podcast Aksi Nyata bertajuk Di Balik Cerita KKN di Desa Penari, Ada Kearifan Lokal yang Harus Dijaga, Kamis (19/5/2022).

Ike merasa miris dengan perilaku beberapa anak muda yang justru menyepelekan aturan adat suatu daerah, sehingga menimbulkan hal yang tidak diinginkan.

Namun tak perlu khawatir, Ike memiliki solusi untuk para orang tua agar anak-anaknya bisa membangun sikap menghormati kearifan lokal saat berada di suatu daerah. Berikut ulasannya.

1. Pendidikan di Rumah

Cara yang pertama bisa dibangun dari rumah. Orang tua bisa mengajarkan norma yang jarang ada di sekolah. Misalnya dari bagaimana berlaku sopan santun kepada orang tua.

Bagi Ike, ritual mudik jadi salah satu bentuk mengajarkan anak tentang pentingnya menghargai kearifan lokal lho.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1298 seconds (0.1#10.140)