Hadad Alwi Inisiasi Lahirnya Gerakan Indonesia Serasi: Ingin Menebar Kebaikan

Jum'at, 20 Mei 2022 - 18:25 WIB
loading...
Hadad Alwi Inisiasi Lahirnya Gerakan Indonesia Serasi: Ingin Menebar Kebaikan
Penyanyi religi Haddad Alwi menginisiasi lahirnya sebuah gerakan mencintai Indonesia lewat seni budaya dalam gerakan bertajuk Indonesia Serasi. Foto/Tangkapan layar zoom meeting
A A A
JAKARTA - Penyanyi religi islami Haddad Alwi menginisiasi lahirnya sebuah gerakan mencintai Indonesia lewat seni budaya dalam gerakan bertajuk Indonesia Serasi. Hadad Alwi mengungkapkan gerakan Indonesia Serasi bertujuan menanamkan sifat lembut hati, sikap moderasi, menerima adanya perbedaan agama dan keragaman budaya, serta menanamkan rasa cinta bangsa, terutama di kalangan Gen-Z.

"Gerakan ini bersifat independen, lintas suku, agama, ras, dan golongan, serta tidak berafiliasi dengan lembaga atau organisasi manapun dan saya bersyukur banyak tokoh dan publik figur yang ikut mendukung gerakan ini, terima kasih," kata Haddad Alwi dalam konferensi virtual yang diikuti SINDOnews.com, kemarin.

Lewat tagar #Indonesiaserasi, musisi religi yang dikenal publik lewat Album Cinta Rasul ini ingin menghadirkan pesan kepada masyarakat Indonesia untuk menjaga persatuan di tengah ancaman perpecahan akibat perbedaan. Juga maraknya ujaran kebencian melalui media sosial.

"Di tengah banyaknya ujaran kebencian dan keributan di media sosial, saya yakin masih banyak yang ingin menebar kebaikan. Namun, yang ribut-ribut itulah yang biasanya lebih tersorot," ujar Haddad Alwi.



Menurut musisi religi kelahiran Banjarnegara, 13 Maret 1966 ini, musik bersifat universal sehingga bisa diterima oleh masyarakat dari berbagai golongan, tingkat ekonomi dan pendidikan apa pun. Oleh sebab itu, gerakan Indonesia Serasi sudah menyiapkan sejumlah lagu yang akan disebarluaskan selama setahun ke depan, melalui berbagai platform media sosial seperti Youtube, Facebook, Twitter, Instagram, TikTok, dan lain sebagainya.

“Kami ingin mengajak masyarakat Indonesia terutama generasi muda kebaikan dan kelembutan namun tidak ada pretensi mengajari tapi mencontohkan hal sederhana melalui keindahan seni budaya salah satunya dengan musik makanya lagu dibawakan dengan cara menarik musik digandrungi lirik lagu nantinya akan ikut merubah behavior perilaku yang mendengarkan lagu ini ketika sampaikanke kapolri mendukung untuk menggerakan cinta,” ungkapnya.

Melalui gerakan Indonesia Serasi ini, Haddad Alwi ingin menghadirkan musik sebagai sarana untuk menyampaikan pesan-pesan persatuan. Sebab, musik dinilai mampu menjangkau semua kalangan."Musik bersifat universal sehingga bisa diterima oleh masyarakat dari berbagai golongan, tingkat ekonomi dan pendidikan apa pun," tutur ayah kandung Yasmin Haddad Assegaf ini.

Sebagai pembuka, lagu pertama berjudul "Indonesia Serasi" dibawakan oleh Kamasean, Abraham Kevin, dan Ebith Beat A telah dirilis. Lagu tersebut rupanya diadaptasi dari dua lagu daerah Kalimantan Selatan, yakni Ampar-ampar Pisang dan Paris Barantai yang di medley.

Lagu-lagu lain nantinya akan dirilis secara bergiliran dan masih diadaptasi dari lagu-lagu daerah Indonesia yang diaransemen ulang. Penggunaan lagu-lagu daerah itu bertujuan mempopulerkan kembali karya para seniman dan komponis Indonesia, sekaligus mencerminkan budaya Indonesia."Lagu-lagu berikutnya masih bernuansa daerah, karena memang itu tujuannya. Gerakan ini bersifat independen, lintas suku, agama, ras, dan golongan, serta tidak berafiliasi dengan lembaga atau organisasi mana pun," tutur Haddad Alwi.

Selain didukung oleh Kepolisian Republik Indonesia, gerakan #IndonesiaSerasi juga didukung sejumlah tokoh nasional dari berbagai kalangan, antara lain Alissa Wahid, Addie MS, Kak Seto, dan Ahmad Najib Burhani. Tak ketinggalan artis-artis musisi tanah air juga turut memberikan dukungan, seperti Ustadz Das'ad Latif, Habib Husein Ja'far, Pastor Gilbert, Jessica Mila, Raffi Ahmad, Nagita Slavina, Ahmad Dhani, Opick, Deddy Corbuzier, Pamela Bowie, Cici Faramida, Siti KDI, Daniel Mananta, Ammar Zoni, Melly Goeslaw, Giorgino Abraham, dan lain-lain.

Selain itu, agar lebih menggemakan lagi gerakan Indonesia Serasi akan menyambangi sekolah guna mengajak ribuan remaja dan pemuda Indonesia nantinya akan dilibatkan dalam gerakan ini dimana remaja diajak membawakan lagu-lagu tersebut, membuat kreasi video klip, mengunggah di akun media sosial, lalu berkesempatan mendapat hadiah.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1186 seconds (0.1#10.140)