Ciri-Ciri Kanker Usus yang Tak Disadari Seperti Diidap Eks Jubir Covid-19 Achmad Yurianto

Sabtu, 21 Mei 2022 - 20:58 WIB
loading...
Ciri-Ciri Kanker Usus yang Tak Disadari Seperti Diidap Eks Jubir Covid-19 Achmad Yurianto
Mantan jubir Covid-19 Achmad Yurianto mengidap kanker usus sebelum meninggal dunia. Ciri-ciri kanker seperti yang diidap Yurianto kerap tidak disadari. Foto/Twitter Sekretariat Kabinet
A A A
JAKARTA - Mantan jubir Covid-19 Achmad Yurianto mengidap kanker usus sebelum meninggal dunia. Ciri-ciri kanker seperti yang diidap Yurianto kerap tidak disadari banyak orang. Padahal, penyakit ini bisa mengancam nyawa jika tidak segera ditangani.

Adapun ciri-ciri kanker usus dapat perubahan kebiasaan buang air besar yang normal atau darah dalam kotoran. Kondisi ini juga bisa menjadi gejala untuk kondisi lain, tetapi penting untuk menemui dokter.

Paling sering, darah dalam kotoran disebabkan oleh wasir, terutama jika berwarna merah cerah dan darah segar. Ambeien seperti pembengkakan pembuluh darah di bagian belakang. Pembuluh darah ini rapuh dan mudah rusak saat buang air besar sehingga menyebabkan sedikit pendarahan.

Darah dari tempat yang lebih tinggi di usus tidak terlihat merah cerah. Warnanya menjadi merah tua atau hitam dan dapat membuat kotoran Anda terlihat seperti tar. Jenis pendarahan ini bisa menjadi tanda kanker usus besar. Atau bisa juga dari sakit maag yang berdarah misalnya.


Sementara itu, kanker usus dapat dimulai di usus besar (kanker usus besar) atau bagian belakang (kanker dubur). Ini juga disebut kanker kolorektal. Kanker usus besar biasanya menyerang orang dewasa yang lebih tua, meskipun dapat terjadi pada usia berapa pun.

Biasanya kondisi ini dimulai sebagai gumpalan kecil sel non-kanker (jinak) yang disebut polip yang terbentuk di bagian dalam usus besar. Seiring waktu beberapa polip ini bisa menjadi kanker usus besar. Lantas apa saja ciri-ciri kanker usus?

Berikut daftar ciri-ciri kanker usus dilansir dari Cancer Research UK, Sabtu (21/5/2022).

1. Pendarahan dari bagian belakang (rektum) atau darah di kotoran


2. Perubahan kebiasaan buang air besar yang normal, seperti buang air besar lebih jarang, buang air besar lebih sering atau sembelit

3. Benjolan yang dapat dirasakan dokter di bagian belakang atau perut, lebih sering di sisi kanan
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1566 seconds (0.1#10.140)