Kolesterol Tinggi, Nyeri di Tiga Area Tubuh Ini Harus Diwaspadai

Selasa, 24 Mei 2022 - 19:31 WIB
loading...
Kolesterol Tinggi, Nyeri di Tiga Area Tubuh Ini Harus Diwaspadai
Kolesterol tinggi biasanya tidak menunjukkan gejala. Namun nyeri di tiga area tubuh bisa menandakan penumpukan kolesterol yang menyebabkan arteri menyempit. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Kolesterol tinggi biasanya tidak menunjukkan gejala . Namun nyeri di tiga area tubuh bisa menandakan penumpukan kolesterol yang menyebabkan arteri menyempit. Kondisi tersebut harus diwaspadai.

Dilansir dari Express, Selasa (24/5/2022) kolesterol tinggi dikaitkan dengan komplikasi serius, seperti penyakit arteri perifer (PAD) yang ditandai dengan rasa sakit di tiga area tubuh.

PAD adalah masalah peredaran darah umum di mana arteri yang menyempit mengurangi aliran darah ke anggota tubuh. Menurut American Heart Association (AHA), nyeri kram di pinggul, paha atau betis saat berjalan, menaiki tangga atau berolahraga, bisa menandakan PAD.

"Rasa sakit PAD sering hilang ketika Anda berhenti berolahraga, meskipun ini mungkin memakan waktu beberapa menit. Otot yang bekerja membutuhkan lebih banyak aliran darah. Otot yang beristirahat dapat bertahan dengan lebih sedikit," kata AHA.

Baca Juga: 3 Jenis Daging yang Mengandung Kolesterol Tinggi

Adapun gejala lain dari PAD meliputi luka kaki atau jari kaki yang tidak akan sembuh atau sembuh dengan sangat lambat, gangren atau jaringan mati, penurunan suhu kaki bagian bawah dibandingkan dengan kaki lainnya atau bagian tubuh lainnya.

Pertumbuhan kuku yang buruk pada jari kaki atau pertumbuhan rambut pada kaki, disfungsi ereksi terutama pada pria dengan diabetes. Seperti yang dijelaskan AHA, banyak orang menganggap nyeri kaki sebagai tanda penuaan yang normal.



"Anda mungkin berpikir itu radang sendi, linu panggul atau hanya kekakuan karena bertambahnya usia. Untuk diagnosis yang akurat, pertimbangkan sumber rasa sakit Anda. Nyeri kaki PAD terjadi pada otot, bukan persendian," jelas AHA.

Ada sejumlah langkah penting yang harus dilakukan untuk menurunkan kolesterol tinggi. Pertama dan terpenting, Anda harus melakukan tes. Karena kolesterol tinggi sebagian besar tidak menunjukkan gejala, Anda hanya dapat mengetahuinya dari tes darah.

Baca Juga: Daging Kerbau Ternyata Rendah Kolesterol, Lebih Sehat dari Sapi

Ada beberapa makanan yang tidak hanya merupakan bagian dari diet sehat, tetapi juga dapat secara aktif membantu menurunkan kolesterol Anda.
(dra)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1252 seconds (10.177#12.26)