Inilah Makna Kain Batik yang Dipakai Adik Jokowi dan Ketua MK dalam Pernikahan

Kamis, 26 Mei 2022 - 14:43 WIB
loading...
Inilah Makna Kain Batik yang Dipakai Adik Jokowi dan Ketua MK dalam Pernikahan
Pernikahan Adik Jokowi, Idayati, dengan Ketua MK Anwar Usman menjadi sorotan publik hari ini, Kamis (26/5/2022). Ada hal menarik pula di balik kain batik yang dipakai kedua mempelai. Foto/Dok. Penganting Production
A A A
JAKARTA - Pernikahan Adik Jokowi , Idayati, dengan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman menjadi sorotan publik hari ini, Kamis (26/5/2022). Keduanya menikah di depan Presiden Jokowi di Solo, Jawa Tengah.

Ada hal menarik di balik pernikahan adik Jokowi dan Ketua MK ini. Ya, pengantin baru tersebut mengenakan kain batik berwarna krem terang di hari pernikahan .

Idayati memadukan kain batik tersebut dengan kebaya krem yang lebih muda. Hijab dan selendang brokat ditambahkan untuk menghiasi kepalanya. Sementara itu, Anwar Usman menggunakan beskap khas Jawa lengkap dengan blangkonnya.



Jika diperhatikan lebih detail, kain batik yang dikenakan Idayati dan Anwar Usman bermotif Sidomulyo. Motif tersebut memang kerap hadir di acara-acara penting nan spesial, termasuk bagi pengantin.

Tahukah Anda bahwa motif Sidomulyo punya makna tersendiri bagi pemakainya?

Dijelaskan Desainer Motif Batik dan Penggiat Batik Tulis Pewarna Alami Agnes Dwina Herdiasti, motif Sidomulyo memang biasa dipakai oleh pengantin.

"Motif batik Sidomulyo memang kerap dipakai untuk perayaan-perayaan penting, salah satunya pernikahan dan itu yang dikenakan adik Jokowi serta suaminya," terang Agnes saat dihubungi MNC Portal, Kamis (26/5/2022).

Motif Sidomulyo, kata Agnes, punya makna mendalam bagi si pemakai. Secara harfiah, Sidomulyo artinya menjadi mulia.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1435 seconds (0.1#10.140)