Kabar Baik, Indonesia Masuk Transisi Menuju Endemi

Sabtu, 28 Mei 2022 - 14:00 WIB
loading...
Kabar Baik, Indonesia Masuk Transisi Menuju Endemi
dr. Reisa Broto Asmoro memastikan Indonesia masuk dalam transisi menuju endemi. Kabar baik ini berdsarkan dari perkembangan Covid-19 saat ini yang semakin baik. Foto/Yorri Farli
A A A
JAKARTA - Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 dr. Reisa Broto Asmoro memastikan Indonesia masuk dalam transisi menuju endemi . Kabar baik ini berdsarkan dari perkembangan Covid-19 saat ini yang semakin baik.

Menurut dr. Reisa, jika kondisi dapat terjaga dengan stabil, tidak akan ada lonjakan kasus signifikan. Bersamaan dengan indikator lainnya, Indonesia pun siap masuk fase endemi.

"Kita Indonesia Alhamdulillah dalam transisi dari pandemi menuju endemi. Kalau situasi baik atau stabilnya terus menerus maka kita siap masuk fase endemi," kata Reisa dalam siaran sehat di YouTube RRI Net Official dikutip Sabtu (28/5/2022).

Reisa menjelaskan bahwa alasan Indonesia sudah memasuki transisi karena adanya beberapa indikator yang berhasil dicapai. Di antaranya jumlah kasus, keterisian rumah sakit hingga persentase antibodi masyarakat Indonesia.

Baca Juga: Kasus Covid-19 Terkendali Pascalebaran, Indonesia Masuk Endemi?

"Alhamdulillah kita lihat belakangan ini situasi semakin membaik. Ada beberapa indikator sebenarnya untuk peralihan dari fase pandemi ke endemi yang beberapa indikator ini sudah terpenuhi," jelas Reisa.

"Tidak ada kenaikan signifikan, positivity rate dibawah 3 persen, keterisian rumah sakit dibawah 5 persen, angka kematian dibawah 3 persen, tingkat Kekebalan tubuh 99 persen, capaian vaksinasi," sambungnya.



Sekadar informasi, penelitian survei serologi atau antibodi Indonesia, telah dilakukan dua kali. Mulai Desember 2021 dan Maret 2022, yang mana hasilnya cukup baik dan masyarakat kebal terhadap Covid-19.

"Penelitian antibodi terhadap covid 19 yang diselenggarakan dua kali di Desember 2021 dan di Maret 2022 di Maret 2022. Sudah ada 99,6 orang-orang di populasi masyarakat, diperiksa antibodinya sudah menunjukkan hasil positif, sehingga kebal terhadap covid 19," papar Wamenkes Dante.

Baca Juga: Kapan Jakarta Berubah dari Pandemi Jadi Endemi? Wagub DKI: Kewenangannya di WHO
(dra)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1492 seconds (11.210#12.26)