Soundtrack Film KKN di Desa Penari Dinilai Mistis, Begini Kata sang Pencipta Lagu

Rabu, 01 Juni 2022 - 09:53 WIB
loading...
Soundtrack Film KKN di Desa Penari Dinilai Mistis, Begini Kata sang Pencipta Lagu
Dengan mengusung musik tradisional Jawa, lagu berjudul Dhat ini juga mengangkat bahasa Jawa dan bahasa sansekerta dari sisi liriknya. / Foto: MPI/Avirista Midaada
A A A
MALANG - Film KKN di Desa Penari meraup kesuksesan besar. Bukan hanya ceritanya yang mengangkat kisah mistis berdasar kisah nyata, lagu soundtrack-nya juga dipandang kian membawa film menjadi lebih seram.

Dengan mengusung musik tradisional Jawa, lagu berjudul Dhat ini juga mengangkat bahasa Jawa dan bahasa sansekerta dari sisi liriknya.

Lagu Dhat pada film KKN di Desa Penari sendiri dibawakan oleh Hamida Madu Kinanti, atau yang akrab disapa Kinanti. Ia diiringi dua anggota keluarganya yakni Matoha, sang ayah dan Hanifa Madu Wanandi, untuk latar belakang musik Jawa yang kental di dalamnya.

Baca juga: Ben Kasyafani Sedih dan Menangis saat Dengar Kabar Marshanda Idap Tumor Payudara

Sang pencipta lagu, Matoha mengatakan jika dia berkolaborasi dengan kedua anaknya, usai anak pertamanya mengajak untuk membuat soundtrack film KKN di Desa Penari.

Saat itu, disebutnya proses pembuatan lirik lagu Dhat memang mendadak, karena sang anak baru mengabari saat perjalanan pulang ke Malang dari Jakarta.

"Ini kan (sang anak, Kinanti) enggak pernah pulang, pulang itu sebelum satu bulan (deadline project) ngomong tentang KKN Desa Penari, terus ceritanya gimana, saya buka (Twitter) Simple Man itu. Saya dengar saja, jadi saya enggak tahu itu sudah dibuat film atau tidak, cuma dari cerita simple man," jelas Matoha ketika ditemui MNC Portal di Kota Malang, Selasa, 31 Mei 2022.

Pria yang juga guru kesenian di SMAK Yos Sudarso Kepanjen ini menuturkan, Dhat sendiri merupakan roh suci, sedangkan lirik-lirik lagu Dhat bercerita mengenai tingkah laku manusia yang tidak boleh semaunya sendiri terhadap seluruh makhluk ciptaan Tuhan.

Makhluk yang dimaksudkan di sini tak hanya makhluk yang kasat mata seperti manusia, hewan, dan tumbuhan, melainkan juga makhluk tak kasat mata sebangsa jin.

"Manusia enggak boleh sembarangan bersama-sama makhluk ciptaan Tuhan. Inti dari lagu Dhat itu sebenarnya manusia jangan seenaknya merasa paling baik sempurna," bebernya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2302 seconds (0.1#10.140)