Kenali 4 Gejala Kanker Payudara Selain Benjolan, Nomor 3 Perubahan Bentuk Puting

Rabu, 01 Juni 2022 - 20:13 WIB
loading...
Kenali 4 Gejala Kanker Payudara Selain Benjolan, Nomor 3 Perubahan Bentuk Puting
Sedikitnya ada empat gejala kanker payudara selain benjolan. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sedikitnya ada empat gejala kanker payudara selain benjolan. Kanker payudara merupakan salah satu jenis kanker yang cukup berbahaya dan terbentuk di sel-sel jaringan payudara.

Sama halnya dengan jenis kanker lainnya, sel kanker di payudara ini bisa menyebar dengan cepat. Sehingga akan sulit untuk dihentikan sebelum menjangkit ke jaringan lain, bahkan organ-organ dalam tubuh lainnya.

Dalam beberapa kejadian, kanker payudara bisa muncul tanpa gejala apapun. Namun, sebagian besarnya tetap menampilkan tanda-tanda seperti benjolan pada area payudara.
Baca juga : Cara Sederhana untuk Cegah Kanker Payudara

Selain benjolan, masih ada beberapa gejala lainnya yang memungkinkan seseorang terkena penyakit ini. Dilansir dari situs Healthline, berikut beberapa gejala kanker payudara selain benjolan :

1. Kulit Payudara Mengalami Perubahan

Perubahan ini dimaksudkan pada warna ataupun tekstur kulit payudara. Beberapa jenis perubahannya seperti pengerasan pada payudara, pembengkakan, perubahan warna kulit, sering gatal, payudara yang mengerut seperti kulit jeruk, hingga vena yang terlihat di payudara.

Sebenarnya, perubahan kulit pada payudara ini belum tentu karena kanker. Hanya saja, disatu sisi hal tersebut bisa menjadi tanda munculnya jenis kanker payudara yang langka, seperti kanker payudara inflamasi. Maka dari itu, alangkah lebih baik apabila segera memeriksakan diri ke dokter apabila menemui gejala tersebut.

2. Payudara Terasa Nyeri

Pada dasarnya, kanker payudara tidak selalu menyebabkan rasa sakit. Hanya saja, ketika benjolan yang muncul sudah mulai menekan saraf, barulah timbul rasa nyeri atau sakit.

Salah satu jenis kanker payudara yang langka adalah kanker payudara inflamasi. Penyakit ini bisa menyebabkan nyeri disertai rasa sakit terbakar pada payudara. Tak hanya itu, area sekitar yang terkena juga akan mengalami pembengkakan dan merah.
Baca juga : Kenali Gejala Kanker Payudara Sejak Dini
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1618 seconds (0.1#10.140)