Gejala Sangat Khas Cacar Monyet Ada di Area Tubuh Ini

Selasa, 07 Juni 2022 - 22:07 WIB
loading...
Gejala Sangat Khas Cacar Monyet Ada di Area Tubuh Ini
Ada ciri khas paling mendasar yang bisa menentukan apakah itu cacar monyet atau bukan. Foto Ilustrasi/Getty Images
A A A
JAKARTA - Banyak masyarakat masih bingung dengan gejala cacar monyet yang dinilai hampir mirip dengan cacar air, campak, rubella, atau flu singapura.

Kesemua penyakit tersebut memang tergolong dalam penyakit demam disertai muncul ruam. Makanya, gejala yang muncul di antara satu penyakit dengan penyakit lain tidak akan jauh berbeda.

Tapi, ada ciri khas paling mendasar yang bisa menentukan apakah itu cacar monyet atau bukan. Gejala apakah itu?

Baca Juga: Ahli Peringatkan Cacar Monyet Mematikan dan Sebabkan Cacat Permanen

Diterangkan Ahli Infeksi dan Penyakit Tropis Anak dr Irma Rezky Ratu, SpA(K), gejala sangat khas dari cacar monyet adalah letak munculnya lesi di tubuh.

"Cacar monyet itu lesinya muncul di telapak tangan dan telapak kaki. Cacar air lesinya tidak ada di area tersebut," kata dr Irma di sesi diskusi Live Instagram Ikatan Dokter Anak Indonesia @idai_ig, Selasa (7/6/2022).

Selain itu, jika dibandingkan dengan cacar air, cacar monyet kebanyakan kasusnya kemunculan lesi tidak begitu banyak di badan. Sedangkan cacar air lebih dominan di area tengah tubuh semisal dada, perut, atau punggung belakang. Ini juga bisa menjadi pembeda antara cacar monyet dengan cacar air.

Tak berhenti di situ, Ahli Infeksi dan Penyakit Tropis Anak dr I Made Gede Dwi Lingga Utama, Sp.A(K) menjelaskan bahwa cacar monyet juga kerap nyaru dengan penyakit rubella, campak, ataupun flu singapura. Tapi, dari penyakit-penyakit itu pun gejala yang muncul berbeda, walau ada demam dan ruamnya.

Baca Juga: Dokter Pastikan Cacar Monyet Tidak Menular Lewat Udara

Pada kasus campak, misalnya, itu ciri khasnya demam, ruam, tapi matanya merah dan belekan, lalu ada batuk dan pilek. Kemudian, ada benjolan juga memang, tapi tidak berisi cairan atau nanah.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1637 seconds (11.210#12.26)