5 Obat Tradisional Penurun Kolesterol, Alami dan Khasiatnya Diyakini Ampuh!

Jum'at, 10 Juni 2022 - 05:50 WIB
loading...
5 Obat Tradisional Penurun Kolesterol, Alami dan Khasiatnya Diyakini Ampuh!
Kolesterol dapat diturunkan kadarnya dengan obat-obatan tradisional. Foto Ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Kolesterol dapat diturunkan kadarnya dengan obat-obatan tradisional. Ya, sebagian masyarakat Indonesia tentu tidak asing dengan pengobatan tradisional, yakni teknik berobat dengan memanfaatkan bahan-bahan alami dan herbal yang menjadi alternatif dari penggunaan obat kimia.

Ada sejumlah penyakit atau kondisi kesehatan yang diyakini bisa diatasi dengan obat tradisional, salah satunya kolesterol tinggi. Jika Anda ingin menurunkan kolesterol berlebih dalam tubuh secara alami, berikut ini SINDOnews sajikan lima obat tradisional yang khasiatnya diyakini ampuh untuk mengatasi kondisi tersebut.



1. Jahe

Di balik rasanya yang agak pedas dengan aroma dan cita rasa yang menyengat cukup tajam, Jahe dipercaya sebagai salah satu rempah-rempah yang paling kaya khasiat.

Jahe banyak digunakan sebagai obat tradisional dalam upaya mengatasi masalah kesehatan seperti masuk angin dan sebagainya. Namun tanaman ini juga efektif menurunkan kolesterol lho.

Sebuah penelitian yang dimuat dalam Saudi Medical Journal melakukan uji coba penggunaan tiga gram bubuk jahe kepada 85 individu selama 45 hari untuk menurunkan kolesterol, dan hasilnya terbukti ampuh untuk turunnya kolesterol secara keseluruhan di setiap individu.

2. Bawang Putih

Selain menjadi bumbu penyedap dalam masakan, bawang putih juga merupakan salah satu tanaman yang menjadi obat tradisional, di mana bawang putih punya manfaat utama untuk meningkatkan kadar insulin dan secara signifikan menurunkan glukosa serta kolesterol dalam darah.

Fakta itu juga didukung oleh sebuah penelitian yang dimuat pada jurnal Nutrition Research and Practice, di mana bawang putih terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2683 seconds (0.1#10.140)