8 Gejala Diabetes yang Paling Sering Muncul di Segala Usia, Waspada!

Minggu, 12 Juni 2022 - 12:30 WIB
loading...
8 Gejala Diabetes yang Paling Sering Muncul di Segala Usia, Waspada!
Diabetes bisa menyasar usia berapa pun. Pola hidup kurang sehat utamanya dengan mengonsumsi gula secara berlebihan berisiko memicu kadar gula darah meningkat. Foto Ilustrasi/Express
A A A
JAKARTA - Diabetes bisa menyasar usia berapa pun. Pola hidup kurang sehat utamanya dengan mengonsumsi gula secara berlebihan berisiko memicu kadar gula darah meningkat.

Terdapat beberapa gejala diabetes yang sering muncul, di antaranya mudah merasa haus dan sering buang air kecil. Selain itu, masih ada gejala lain yang juga perlu diwaspadai sejak dini seperti:



1. Buang air kecil (kencing) banyak, seringnya di malam hari.
2. Sangat haus.
3. Sangat lapar.
4. Memiliki tangan atau kaki mati rasa atau kesemutan.
5. Merasa sangat lelah.
6. Memiliki luka yang sembuhnya lama.

Menurut Ahli Penyakit Dalam Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam, Sp.PD-KGEH, MMB, penyakit diabetes terbukti meningkatkan risiko kanker semisal kanker hati, pankreas, payudara, endometrium, dan sebagainya sebesar 20%-50%.

Sehubungan dengan itu, Prof. Ari menganjurkan agar penderita diabetes rutin melakukan pengecekan kesehatan. Sebab, pada kebanyakan kasus yang ada, penderita sudah terkena kanker sebelum melakukan skrining.



"Beberapa penelitian menunjukkan bahwa diabetes meningkatkan risiko kanker hati, pankreas, dan endometrium hingga dua kali lipat. Sedangkan risiko kanker kolorektal, payudara, dan kandung kemih meningkat hingga 20%-50%," jelas Prof. Ari beberapa waktu lalu.

Menurut CDC, diabetes yang umumnya menyasar segala usia ialah diabetes tipe 1. Gejala diabetes tipe 1 dapat berkembang dalam beberapa minggu atau bulan serta bisa menjadi parah.

Sementara gejala diabetes tipe 2 membutuhkan waktu beberapa tahun untuk berkembang. Sejumlah orang bisa saja tidak melihat gejala sama sekali. Diabetes tipe 2 biasanya dimulai saat dewasa.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2317 seconds (0.1#10.140)