Waspada! Menkes Prediksi Gelombang Omicron BA.4 dan BA.5 Terjadi Pertengahan Juli

Senin, 13 Juni 2022 - 23:01 WIB
loading...
Waspada! Menkes Prediksi Gelombang Omicron BA.4 dan BA.5 Terjadi Pertengahan Juli
Menkes Budi Gunadi Sadikin memprediksi gelombang Omicron BA.4 dan BA.5 terjadi pertengahan Juli. Ini berdasarkan pantauan perkembangan kasus berbagai negara. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin memprediksi gelombang Omicron BA.4 dan BA.5 akan terjadi pada pertengahan Juli. Ini berdasarkan pantauan perkembangan kasus BA.4 dan BA.5 dari berbagai negara yang terus meningkat.

"Berdasarkan pantauan kami umumnya puncak varian BA.4 dan BA.5 itu 1 bulan setelah penemuan kasus pertama. Jadi sekitar minggu ketiga Juli kita akan lihat puncak kasus BA.4 dan BA.5 ini," kata Menkes Senin (13/6/2022).

Untuk menghadapi situasi tersebut, Menkes mengimbau agar masyarakat segera melakukan vaksinasi Covid-19 dosis ketiga atau booster. Tujuannya untuk memberikan perlindungan lebih, di mana kekebalan tubuh akan bertambah selama 6 bulan kedepan.

Menkes juga mengingatkan bahwa berbagai negara sudah mempersiapkan menghadapi gelombang baru. Dengan vaksinasi Covid-19, Budi percaya gelombang kali ini tidak akan separah varian sebelumnya.




"Kalau memang benar-benar masyarakatnya siap, termasuk booster yang baik kemungkinan besar puncaknya tidak terlalu tinggi," jelas Menkes.

Meski demikian, sampai saat ini kondisi Covid-19 di Indonesia lebih baik dibandingkan negara lain di dunia. Hal tersebut berdasarkan indikator transmisi dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

"Masih relatif baik dibandingkan negara lain, karena seluruh indikator transmisinya WHO, kita (di bawah)," tandasnya.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2523 seconds (0.1#10.140)