Film Lightyear Dilarang Tayang di Arab Saudi hingga Malaysia Akibat Adegan LGBT

Selasa, 14 Juni 2022 - 11:09 WIB
loading...
Film Lightyear Dilarang Tayang di Arab Saudi hingga Malaysia Akibat Adegan LGBT
Film Lightyear dilarang tayang di Arab Saudi, UEA, Kuwait, Malaysia dan Asia Barat karena menampilkan adegan LGBT. Di mana terdapat adegan ciuman sesama jenis. Foto/USA Technews
A A A
JAKARTA - Film Lightyear dilarang tayang di Arab Saudi, UEA, Kuwait, Malaysia dan Asia Barat lainnya karena menampilkan adegan LGBT . Di mana terdapat adegan ciuman sesama jenis dalam spin-off Toy Story itu.

Adegan yang melibatkan karakter penjaga ruang angkasa bernama Alisha dan pasangannya memulai sebuah keluarga bersama dan saling menyapa dengan ciuman di bibir awalnya dipotong dari film oleh Disney.

Tapi itu dipulihkan ketika animator Pixar berbicara menentang Disney dalam sebuah surat terbuka. Surat tersebut mengatakan bahwa Disney telah menuntut pemotongan, menyensor adegan gay yang terang-terangan dan sebagai protes CEO Disney Bob Chapek terhadap RUU Jangan Katakan Gay di Florida, negara bagian asal Walt Disney World Resort.

Lightyear yang akan dirilis di AS pada 17 Juni 2022, tidak pernah diserahkan ke lembaga sensor di Arab Saudi karena mengetahui tidak akan lulus. Tetapi film tersebut pada awalnya disetujui untuk dirilis di UEA, di mana pembatasan sensor telah dilonggarkan.


Dilansir dari Variety, Selasa (14/6/2022) namun, lisensi untuk memutar film di UEA tiba-tiba dicabut menyusul seruan di media sosial yang menuduh Disney dan Lightyear menghina Muslim dan Islam.

Kantor Regulasi Media UEA mengumumkan pada Senin, 13 Juni 2022 bahwa film yang akan dirilis 16 Juni 2022 ini tidak dilisensikan untuk pemutaran publik karena pelanggaran standar konten media negara itu.

Penyensoran di Arab Saudi baru-baru ini juga membuat penonton di negara tersebut tidak bisa menonton Doctor Strange in the Multiverse of Madness karena dimasukkannya karakter gay. Begitu juga dengan Eternals setelah Disney menolak untuk mengedit foto yang menyertakan ciuman sesama jenis dan West Side Story karena menampilkan karakter transgender.

Di kawasan Asia Barat, film tentang atau berisi seks, homoseksualitas dan isu-isu agama akan dipotong untuk mematuhi aturan sensor. Dalam hal ini Disney tidak mau atau tidak dapat melakukan pengeditan yang diminta oleh sensor lokal.


Sementara Malaysia melalui lembaga sensornya (LPF) mengambil sikap tegas terhadap film apa pun yang berisi tema, dialog, atau adegan yang melibatkan seks homoseksual dan tidak wajar. Namun, sebelum melarang film ini tayang, LPF dikabarkan sempat meminta Disney untuk mengeditnya.

Di sisi lain, LPF telah melarang Rocketman, film biografi Elton John yang dibintangi Taron Egerton dan Fantastic Beasts: Secrets of Dumbledore karena alur cerita LGBT.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1340 seconds (0.1#10.140)