Begini Cara Mengatasi si Kecil yang Gemar Memasukkan Benda ke Mulut

Selasa, 14 Juni 2022 - 17:22 WIB
loading...
Begini Cara Mengatasi si Kecil yang Gemar Memasukkan Benda ke Mulut
Si kecil mungkin akan mulai meraih sesuatu yang ada di jangkauannya sejak usia 3-5 bulan. / Foto: ilustrasi/ist
A A A
JAKARTA - Artis cantik Shandy Aulia , belum lama ini, mengungkapkan kalau putrinya, Claire Herbowo mengalami demam tinggi hingga harus dirawat di rumah sakit.

Susai dicek dan observasi, ternyata di dalam perut Claire terdapat kuman. Kuman itu berasal dari benda atau tangan yang kotor dan masuk ke dalam mulut.

Dalam usia masa pertumbuhan, Claire telah memasuki fase eksplorasi dan ingin mencoba semua hal, termasuk dengan memasukkan benda atau tangan ke dalam mulut. Tanpa sadar, tangan atau benda yang dimasukan ke mulut itu kotor.

Baca juga: Kenali 4 Efek Buruk Akibat Kadar Kolesterol Tinggi pada Seseorang

Hal yang dilakukan Claire itu sangat wajar, dan justru bagus untuk tumbuh kembang anak. Menukil Healthline, ada beberapa alasan mengapa baby mouthing terjadi.

Si kecil mungkin akan mulai meraih sesuatu yang ada di jangkauannya sejak usia 3-5 bulan. Begitu berhasil mengambilnya, mereka akan sering memasukkan ke mulut.

Namun ada hal-hal yang harus diperhatikan bila si kecil mengalami hal tersebut.

1. Jauhkan benda dari jangkauan si kecil

Bila si kecil sudah bisa berpindah tempat, sebaiknya jauhkan barang apapun dari jangkauan karena hal itu, dia akan meraih dan memasukkan ke mulut. Terutama benda-benda tajam. Pastikan tempat bermain si kecil aman.

2. Larang si kecil kalau memasukkan benda ke mulut
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1205 seconds (0.1#10.140)