Simpan Potensi Jadi Destinasi Wisata Kelas Dunia, Kulon Progo Terganjal 2 Masalah

Rabu, 15 Juni 2022 - 07:06 WIB
loading...
Simpan Potensi Jadi Destinasi Wisata Kelas Dunia, Kulon Progo Terganjal 2 Masalah
Di Kulon Progo, wisatawan akan sangat dimanjakan dengan destinasi alam yang indah, serta kaya akan budaya yang tak bisa ditemukan di tempat lain. / Foto: MPI/Sukardi
A A A
KULON PROGO - Salah satu daerah di Daerah Khusus Yogyakarta, Kulon Progo memiliki potensi pariwisata yang amat besar. Apalagi kabupaten ini sekarang memiliki Bandara Internasional Yogyakarta dan lokasinya berdekatan dengan Borobudur.

Bahkan, turis asing diyakini bakal menyukai destinasi yang tersaji di Kulon Progo .

Kepala Dinas Pariwisata Kulon Progo, Joko Mursito mengungkapkan, wilayah pimpinannya itu sangat indah dari segi 'nature', tapi juga kaya akan 'culture'. Hal ini pun dibuktikan saat MNC Portal mengunjungi wilayah ini.

Baca juga: Siap Hadapi Kematian, Marshanda Tinggalkan Sebuah Warisan buat sang Anak

Berdasarkan pengamatan, wisatawan akan sangat dimanjakan dengan destinasi alam yang indah, serta kaya akan budaya yang tak bisa ditemukan di tempat lain. Kedua hal ini membaur menjadi satu dan menjadi keunikan Kulon Progo dibanding wilayah lain di Indonesia.

Misalnya saja Goa Kiskendha yang begitu indah tapi juga sarat akan budaya Jawa, khususnya tanah Kulon Progo. Jika Anda berkunjung ke sini, tak hanya pengalaman melihat goa yang teramat indah, tapi wisatawan dimanjakan juga dengan penjelasan soal budaya di balik goa tersebut.

Bahkan, jika beruntung, Anda akan melihat pertunjukan sendratari yang menceritakan kisah Subali dan Sugriwa. Pasalnya, berdasarkan informasi yang diterima, pertunjukan sendratari ini hanya dilakukan 10 kali dalam setahun.

Tapi, sayangnya masih ada dua masalah besar yang dihadapi wisatawan jika berkunjung ke Kulon Progo. Adalah masalah jaringan sinyal dan infrastruktur yang belum semuanya memadai.

Hal itu pun disadari Joko Mursito. Menurutnya, dua masalah tersebut sangat konkret untuk saat ini bagi Kulon Progo. Padahal, potensi pariwisata di kabupaten ini sangat besar.

"Saat ini di Kulon Progo masih ditemui di beberapa titik yang jaringan sinyalnya susah ataupun masalah infrastruktur yang belum baik. Ini masalah konkret kami dan terus diselesaikan," ucap Joko saat ditemui di kawasan wisata Goa Kiskendo, Selasa (14/6/2022).
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1801 seconds (11.210#12.26)