Ingin Memulai Bisnis Coffee Shop? Ikuti 3 Tips Berikut Ini

Rabu, 15 Juni 2022 - 18:53 WIB
loading...
Ingin Memulai Bisnis Coffee Shop? Ikuti 3 Tips Berikut Ini
Tingginya minat masyarakat untuk mengembangkan usaha kopi tentu saja membuat kompetisi dalam dalam bisnis ini semakin ketat. / Foto: tangkapan layar YouTube Partai Perindo
A A A
JAKARTA - Kopi menjadi minuman yang makin banyak digemari anak-anak muda. Tidak jarang, mengonsumsi kopi seperti sudah menjadi bagian gaya hidup masyarakat perkotaan.

Sejalan dengan itu, kini beragam coffee shop kian menjamur di Indonesia. Berdasarkan riset independen Toffin, jumlah kedai kopi di Indonesia hingga Agustus 2019 mencapai lebih dari 2.950 gerai. Itu meningkat hampir tiga kali lipat dibandingkan pada 2016, yang hanya 1.000 gerai.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto pun menyebut, produksi kopi selama 10 tahun terakhir sudah tumbuh sebesar 250 persen. Ini membuat Indonesia menjadi penghasil kopi terbesar ke-4 di dunia setelah Brazil, Vietnam, dan Kolombia.

Baca juga: 6 Selebritas Dunia yang Pernah Berangkat Haji, dari Penulis hingga Raja KO Kelas Berat

Tingginya minat masyarakat untuk mengembangkan usaha kopi tentu saja membuat kompetisi dalam dalam bisnis ini semakin ketat. Lantas, apakah bisnis coffee shop masih menjanjikan hingga beberapa tahun ke depan? Jawabannya iya.

Kendati persaingan bisnis kedai kopi di Indonesia semakin ketat, bukan berarti Anda tidak memiliki peluang untuk sukses dalam bidang ini.

Salah satu pebisnis coffee roastery di Tangerang, Arya Kinantha pun membagikan sejumlah tips sukses bagi Anda yang ingin membuka kedai kopi sendiri.

1. Adaptasi dan inovasi

Pertama, belajar dan mencari tahu tentang berbagai jenis kopi di Indonesia, seperti robusta, arabika, dan liberika. Setelah itu, cobalah membeli dan nikmati secara langsung tanpa menggunakan gula.

Dengan ragam kopi tersebut, cobalah beradaptasi dengan rasanya. Setelah itu, lakukan sebuah inovasi.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1341 seconds (10.101#12.26)