Ingin Memulai Bisnis Coffee Shop? Ikuti 3 Tips Berikut Ini

Rabu, 15 Juni 2022 - 18:53 WIB
loading...
A A A
"Selain beradaptasi, kita juga harus punya inovasi. Jangan modal ikut-ikutan, harus punya karakter," ucap Arya Kinantha dalam Podcast Aksi Nyata #DariKamuUntukIndonesia bertajuk Bisnis Coffee Shop Makin Kompetitif, Masihkan Menjanjikan? di kanal YouTube Partai Perindo, Rabu (15/6/2022).

Setiap usaha kuliner makanan atau minuman memang wajib melakukan inovasi. Tujuannya, agar konsumen tidak bosan dan mempunyai pilihan menu baru saat berkunjung. Inovasi itu bisa datang dari rasa kopi, kemasan kopi, ataupun suasana dan dekorasi kedai kopi.

2. Buat identitas, konsep, dan tema kedai kopi

Bila ingin usaha kedai kopi bertahan dan tetap tumbuh di tengah-tengah ketatnya persaingan, setiap pemilik usaha wajib menjaga identitas merek usahanya.

Arya Kinantha sendiri bisa bertahan sampai sekarang karena komitmen menjaga identitas sebagai kedai kopi yang menonjolkan single origin Indonesia dengan kualitas terbaik.

Menariknya, dia lebih berfokus untuk mengangkat biji kopi petani yang produksinya tidak begitu banyak. Sekali panen, petani langganan Arya hanya menghasilkan 50 atau 10 kilogram biji mentah.

Dengan keunikan tersebut, para penikmat kopi yang ingin mencoba kopi dengan rasa tidak familiar pun menjadi rutin berkunjung ke tempatnya.

"Intinya kalau ingin membuka coffee shop, kita harus punya identitas, tema, mau seperti apa coffe shop kita jangan meniru orang lain. kita harus punya pakemnya sendiri," ujarnya.

3. Fokus dan tulus

Terakhir, ketika sudah mantap dengan identitas, tema, dan konsep kedai kopi yang dibuat, Arya mengimbau para pemilik usaha untuk tetap fokus dan tulus menjalankannya. Fokus kembangkan konsep kedai yang ada, jangan terkecoh dengan kompetitor lainnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2022 seconds (0.1#10.140)