Ini Pentingnya Diet Sehat dan Seimbang menurut Ahli Gizi

Rabu, 15 Juni 2022 - 17:58 WIB
loading...
Ini Pentingnya Diet Sehat dan Seimbang menurut Ahli Gizi
Diet yang dilakukan oleh kebanyakan orang itu kerap tidak memperhatikan kebutuhan kalori minimal serta kandungan gizi yang seimbang. Foto/Instagram @sirka.io
A A A
JAKARTA - Diet sering kali dikaitkan upaya menurunkan berat badan. Tak ayal, mereka yang mengaku sedang diet, berupaya membatasi asupan makanan dan minuman demi bisa cepat merampingkan badan.

Namun sayang, diet yang dilakukan oleh kebanyakan orang itu kerap tidak memperhatikan kebutuhan kalori minimal serta kandungan gizi yang seimbang seperti karbohidrat, protein, lemak, mineral, dan vitamin.

Sahnaz Zahiya, S.Gz selaku Head of Nutritionist Sirka, aplikasi untuk konsultasi diet sehat, menjelaskan bahwa diet yang dilakukan dengan tidak memperhitungkan kebutuhan gizi secara tepat dapat berefek negatif dalam jangka panjang maupun jangka pendek.

“Rasa lapar, emosi yang tidak stabil, rasa lemas, malas beraktivitas, hingga hal-hal seperti rambut rontok, kulit kusam, dan muncul jerawat adalah contoh dari efek jangka pendek,” jelas melalui keterangan tertulis, Rabu (15/6/2022).

Sirka sendiri hadir untuk membantu masyarakat memperbaiki pola makan dan membangun pola hidup sehat melalui program pendampingan oleh ahli gizi. Melalui platform aplikasinya, Sirka telah membantu ribuan orang dalam menurunkan berat badan, menjalani program hamil, ataupun tujuan lain melalui diet sehat dan seimbang.

Sahnaz menambahkan, diet yang tidak seimbang juga merupakan salah satu pencetus penyakit kronis seperti diabetes, stroke, dan hipertensi.

“Solusinya? Perhatikan kecukupan tiap jenis gizi. Konsumsi gizi yang seimbang, sebaiknya jangan hanya satu jenis gizi. Lalu, pastikan bahwa kalori yang dikonsumsi tidak kurang atau lebih dari kebutuhan harian. Terakhir, batasi makanan tinggi gula, lemak, dan garam,” jelas Sahnaz.

Meski terdengar sederhana, faktanya melakukan diet sehat dan seimbang cukup sulit dilakukan oleh kebanyakan orang. Ditambah lagi harga konsultasi dengan dokter gizi yang terbilang cukup mahal.

Menyadari kesulitan tersebut, Sirka memberikan pendampingan oleh ahli gizi dengan harga yang terbilang murah sehingga program kesehatan ini dapat dijangkau oleh masyarakat luas.

CEO & Co-Founder Sirka Rifanditto Adhikara mengatakan, program diet di dalam aplikasi Sirka dipersonalisasi sesuai dengan kebutuhan zat gizi, goal, dan aktivitas setiap orang. Selama program (3 atau 6 bulan), pengguna akan dibantu untuk dapat membangun pola makan sehat sesuai gaya hidup dan rekomendasi dari ahli gizi secara eksklusif.

“Ahli gizi akan melihat kebutuhan zat gizi berdasarkan kebiasaan makan, aktivitas, dan penyakit yang klien derita agar diet berjalan efektif sesuai tujuan yang diinginkan,” ungkap Rifanditto.

“Kami ingin membantu masyarakat Indonesia membangun gaya hidup yang lebih sehat. Jadi, fokusnya bukan hanya pada menurunkan atau menaikkan berat badan, tapi juga memperbaiki gaya hidup untuk jangka panjang. Dengan begitu mereka tetap bisa mengaplikasikan metode yang didapat selama program ke dalam kehidupan sehari-hari seumur hidup,” pungkasnya.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1501 seconds (0.1#10.140)