6 Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Secara Alami Tanpa Obat

Jum'at, 17 Juni 2022 - 07:49 WIB
loading...
6 Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Secara Alami Tanpa Obat
Cara menurunkan kolesterol tinggi bisa secara alami tanpaobat kolesterol. Kolesterol adalah zat lilin yang ditemukan dalam darah. Tubuh membutuhkan kolesterol. Foto/Everyday Gyaan
A A A
JAKARTA - Cara menurunkan kolesterol tinggi bisa secara alami tanpa perlu mengonsumsi obat kolesterol . Kolesterol adalah zat lilin yang ditemukan dalam darah. Tubuh membutuhkan kolesterol untuk membangun sel-sel yang sehat, tetapi kadar kolesterol yang tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Dengan kolesterol tinggi , Anda dapat mengalami timbunan lemak di pembuluh darah. Endapan ini tumbuh, sehingga sulit bagi cukup darah untuk mengalir melalui arteri. Terkadang, endapan tersebut dapat pecah secara tiba-tiba dan membentuk gumpalan yang menyebabkan serangan jantung atau stroke.

Kolesterol tinggi dapat diturunkan, tetapi seringkali merupakan akibat dari pilihan gaya hidup yang tidak sehat, yang membuatnya dapat dicegah dan diobati. Diet sehat, olahraga teratur, dan terkadang obat-obatan dapat membantu mengurangi kolesterol tinggi. Seperti enam cara alami ini salah satunya.

Berikut cara menurunkan kolesterol tinggi secara alami dilansir dari Eat This, Jumat (17/6/2022).


1. Minum Teh

Penelitian menunjukkan senyawa tertentu dalam teh yang disebut katekin dapat membantu menurunkan penyerapan kolesterol. Menurut sebuah penelitian, orang dengan kadar kolesterol agak tinggi yang minum lima cangkir teh hitam setiap hari mengalami penurunan rata-rata 5 persen kolesterol total dan 11 persen kolesterol jahat.

Studi lain, meta-analisis dari 20 uji coba kontrol acak, menemukan hasil yang serupa dengan teh hijau. Para peneliti menemukan bahwa minum teh hijau atau mengambil kapsul ekstrak teh hijau mengurangi kadar kolesterol total dan kolesterol jahat sebanyak 5 hingga 6 poin.

2. Olahraga

Penelitian telah menunjukkan bahwa melakukan 30 menit aerobik yang meningkatkan detak jantung dapat menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan hal-hal baik. Olahraga memiliki efek yang lebih besar pada kolesterol baik, lipid yang menghilangkan kolesterol jahat yang menyumbat arteri.

Penelitian yang dilaporkan dalam Journal of Strength and Conditioning Research, olahraga meningkatkan angka HDL pada pria muda yang berolahraga dengan intensitas 90 persen denyut jantung maksimal selama sesi pelatihan HIIT yang dilakukan tiga kali seminggu selama delapan minggu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2420 seconds (0.1#10.140)