Manfaat Konsumsi Suplemen Bagi Tubuh yang Penting untuk Anda Ketahui

Jum'at, 17 Juni 2022 - 08:04 WIB
loading...
Manfaat Konsumsi Suplemen Bagi Tubuh yang Penting untuk Anda Ketahui
Berbagai suplemen kesehatan di AladinMall. Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Selain berolahraga, umumnya orang-orang juga mengonsumsi suplemen sebagai penunjang kesehatan. Bukan tanpa alasan, menurut beberapa penelitian, suplemen memang memiliki beberapa fungsi yang baik untuk tubuh.

Suplemen dapat merupakan produk-produk yang mengandung satu atau lebih nutrien vitamin, mineral, asam amino, asam lemak, dan serat. Selain itu, suplemen juga dapat berupa produk-produk alami berupa herba ataupun bahan alami non tumbuhan, misalnya yang didapatkan dari hewan.

Suplemen ada yang dikemas dalam bentuk tablet, kaplet, pil, kapsul lunak, maupun cairan. Berikut adalah beberapa manfaat suplemen bagi tubuh yang penting untuk Anda ketahui.

Mengoptimalkan Daya Ingat

Suplemen makanan yang mengandung vitamin C dan vitamin B kompleks dikenal akan sifat antioksidannya. Hal ini juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan otak secara keseluruhan, termasuk daya ingat.

Sebuah studi menyebutkan bahwa vitamin C memiliki sifat protektif alami yang dapat melindungi bagian otak dari risiko kerusakan dan hilangnya daya ingat. Selain itu, vitamin ini juga dapat melindungi otak dari radikal bebas, hingga mencegah penyakit Alzheimer. Vitamin C pun diklaim mampu meningkatkan daya konsentrasi dan kemampuan kognitif.

Sedangkan, untuk vitamin B kompleks berperan dalam merangsang produksi myelin, yaitu zat lemak yang melapisi dan melindungi serabut saraf otak, serta sumsum tulang belakang. Myelin berguna untuk meningkatkan daya ingat, sekaligus menurunkan risiko penurunan fungsi mental.

Baca Juga : 4 Sayuran Penurun Gula Darah, Kaya Serat dan Vitamin

Mengurangi Kelelahan

Suplemen dengan kandungan vitamin B kompleks punya peran penting dalam membantu proses metabolisme. Dengan mengonsumsi suplemen makanan kaya akan vitamin ini, rasa lelah berlebihan bisa diminimalisir, lho. Dengan demikian, aktivitas sehari-hari pun tidak akan terganggu, dan Anda bisa makin aktif serta produktif.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2208 seconds (11.252#12.26)