Upaya Mewujudkan Rumah Sakit Ramah Lingkungan di Ulang Tahun Kedua

Minggu, 19 Juni 2022 - 13:49 WIB
loading...
Upaya Mewujudkan Rumah Sakit Ramah Lingkungan di Ulang Tahun Kedua
Mewujudkan rumah sakit ramah lingkungan, RSIA Bina Medika meminimalisir penggunaan sampah kertas dan plastik untuk operasional hingga layanan pasien. / Foto: ist
A A A
TANGERANG SELATAN - Mewujudkan rumah sakit ramah lingkungan , RSIA Bina Medika meminimalisir penggunaan sampah kertas dan plastik untuk operasional hingga layanan pasien.

Rumah sakit ibu dan anak yang berlokasi di CBD Bintaro Jaya, Tangerang Selatan itu pun telah melakukan sejumlah hal.

"Seperti mengganti plastik di farmasi dengan goodie bag, menyediakan dispenser di poli rawat jalan dan area kamar perawatan, menghimbau pengunjung dan dokter membawa tumbler masing-masing, serta menggunakan tempat makan (reuse) untuk pasien rawat inap," jelas Direktur RSIA Bina Medika, dr. Irma Rismayanty, MM saat fun bike HUT kedua RSIA Bina Medika, Minggu (19/6/2022).

Baca juga: 5 Tempat Wisata Gratis di Bali, Hemat Liburan Bareng Keluarga

Kegiatan fun bike itu sendiri merupakan penutup rangkaian acara ulang tahun kedua RSIA Bina Medika.

Sleain menghimbau, dr. Irma juga menyebutkan jika pihaknya terus melakukan edukasi tentang Zero Waste Management kepada karyawan dan pasien yang berkunjung RSIA Bina Medika. Baik itu secara langsung maupun melalui webinar.

Dalam kesempatan yang sama, Head of Marketing RSIA Bina Medika, Helky Nugroho menambahkan bahwa pihaknya telah menggunakan Elektronik Medical Record.

"Hasil laboratorium, USG dan Radiologi yang dapat dilihat di Aplikasi Mobile RSIA Bina Medika. Sehingga meminimalisir penggunaan kertas atau paperless," terang Helky dalam keterangan persnya.

Selain itu, RSIA Bina Medika juga menggandeng komunitas daur ulang sampah di Kota Tangsel untuk menjadikan sampah plastik menjadi pot bunga atau produk lainnya.

Kemudian, bekerjasama dengan bank sampah di wilayah Tangsel untuk sampah nonmedis, serta mengumpulkan pakaian layak pakai untuk disumbangkan dan yang tidak layak pakai untuk didaur ulang.

Baca juga: 8 Obat Kolesterol Tinggi Alami yang Bisa Dikonsumsi Setiap Hari

Menurut Helky, proses penyesuaian ini tidaklah mudah. Tetapi lambat laun, edukasi yang terus dilakukan membuahkan hasil hingga semua pengunjung/pasien senang dan bisa beradaptasi serta mendukung program yang dibuat RSIA Bina Medika.
(nug)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2188 seconds (11.97#12.26)