10 Penyebab Bibir Terasa Kebas dan Kesemutan, Nomor 6 Harus Diwaspadai

Rabu, 22 Juni 2022 - 17:46 WIB
loading...
10 Penyebab Bibir Terasa Kebas dan Kesemutan, Nomor 6 Harus Diwaspadai
Bibir terasa kebas dan kesemutan bisa disebabkan oleh berbagai hal. FotoIST
A A A
JAKARTA - Bibir kesemutan dapat terjadi secara mendadak atau perlahan. Kondisi ini umumnya ditandai dengan mati rasa atau tidak merasakan sensasi sama sekali saat bibir disentuh.

Bibir kebas dan kesemutan dapat menjadi tanda masalah kesehatan tertentu. Berikut adalah sepuluh kemungkinan penyebab bibir kesemutan.

1. Reaksi Alergi

Dijelaskan oleh drg. Wiena Manggala Putri, reaksi alergi terhadap makanan dan obat obatan dapat menyebabkan munculnya rasa kebas dan kesemutan di bibir. Tidak hanya itu, reaksi alergi biasanya juga dibarengi dengan pembengkakkan di bibir.

Pengobatan untuk bibir kesemutan akibat alergi bisa dilakukan dengan cara mencari tahu pencetus alergi. Kemudian, Anda perlu menghindari hal yang memicu alergi tersebut.

“Perawatan bibir kesemutan tergantung dari penyebabnya, jika karena alergi, bisa diberikan antihistamin atau kompres dingin,” ucap drg. Wiena.

Pada kasus reaksi alergi parah, Anda harus waspada terhadap gejala anafilaksis. Anafilaksis dapat menyebabkan sulit bernapas dan kehilangan kesadaran diri. Seseorang dengan kondisi ini, perlu mendapatkan penanganan medis segera.

Baca Juga: Penyebab Kulit di Sekitar Bibir Kering dan Cara Mengatasinya

2. Bibir Pecah-Pecah

Bibir pecah-pecah dapat menyebabkan rasa perih atau kesemutan di area bibir. Kondisi bibir retak atau pecah-pecah dapat terjadi karena musim dingin, sakit tenggorokan, atau orang yang memiliki kondisi kulit tertentu, seperti eksim.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6010 seconds (0.1#10.140)