Mudah Diterapkan, Begini Cara Melatih Public Speaking dan Mengatasi Demam Panggung

Rabu, 22 Juni 2022 - 21:14 WIB
loading...
Mudah Diterapkan, Begini Cara Melatih Public Speaking dan Mengatasi Demam Panggung
Public Speaking Professional Trainer, M. Syaiful Muktapa menyebutkan, ketika seseorang melatih keahlian public speaking, maka harus mengetahui kebutuhannya. / Foto: tangkapan layar YouTube Partai Perindo
A A A
JAKARTA - Public Speaking Professional Trainer, M. Syaiful Muktapa menyebutkan, ketika seseorang melatih keahlian public speaking , maka harus mengetahui kebutuhannya.

"Karena meskipun kita banyak referensi latihan, tapi itu enggak menjamin kebutuhan lho. Akan sulit tolak ukurnya," ujar pria yang biasa disapa Uta itu dalam podcast Aksi Nyata bertajuk Atasi Gugup dan Gagap dengan Cara Jitu Public Speaking di kanal YouTube Partai Perindo, Rabu (22/6/2022).

Untuk itu, lanjut Uta, harus memahami kebutuhannya terlebih dahulu. Apa yang jadi utama yang akan ditingkatkan, misalnya skill, materi, atau cara menguasai panggung.

Baca juga: Bukan Hanya Modal Ngomong, Public Speaking Juga Butuh Persiapan Matang

"Dilancarkan ngomongnya dulu, atau di pembicaraan efektifnya. Pembicaraan menariknya apa," kata dia.

"Setelah itu bisa dilanjutkan dengan pelatihan-pelatihan lainnya," imbuhnya.

Sementara itu, jika gugup saat akan berbicara merupakan persoalan yang banyak dialami orang ketika jadi public speaking. Serta hal tersebut menjadi sesuatu yang normal terjadi, karena pada saat itu kondisi seseorang sedang tertekan.

"Dan itu sifat alami enggak bisa dihilangkan. Hanya bisa lo kendalikan," terangnya.

Lalu bagaimana cara mengendalikannya? Menurutnya, untuk mengatasi rasa gugup yang paling penting adalah apa yang ada dalam pikiran. Sebab segala sesuatu yang dihadapi, akan direspons oleh pikiran terlebih dahulu ketika menanggapinya.

Baca juga: Sidang Perdana Putra Siregar Akan Digelar, sang Istri Berserah Diri kepada Allah

"Kalau pikiran kita kurang menanggapinya maka yang ada kecemasan, tidak percaya diri dan nantinya akan merasakan gugup di situ," tutupnya.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1119 seconds (0.1#10.140)