Ampuh Atasi Masalah Kulit, Amankah Retinol Dipakai Setiap Hari?

Kamis, 23 Juni 2022 - 14:18 WIB
loading...
Ampuh Atasi Masalah Kulit, Amankah Retinol Dipakai Setiap Hari?
Banyak beauty enthusiast yang menggandrungi retinol, salah satu senjata skincare. / Foto: ilustrasi/medicinenet
A A A
JAKARTA - Banyak beauty enthusiast yang menggandrungi salah satu 'senjata' skincare, retinol. Bahan ini dianggap cukup ampuh melawan penuaan.

Bukan hanya itu, retinol juga dipercaya mengatasi jerawat bahkan menyamarkan noda hitam. Dengan memiliki banyak manfaat, apakah retinol boleh dipakai setiap hari?

Sebelum membahas pertanyaan tersebut, Anda mesti tahu dulu bahwa retinol itu mengandung retinoid yang merupakan turunan dari vitamin A.

Baca juga: Drama To X Who Don't Love Me yang Dibintangi Doyoung NCT Siap Tayang Bulan Depan

"Retinol adalah zat tidak aktif, tapi ketika diaplikasikan pada kulit , retinol menjadi aktif," terang dr Joshua Zeichner, direktur penelitian kosmetik dan klinik dermatologis di Mount Sinai Medical Center di New York City, dikutip dari Prevention, Kamis (23/6/2022).

Setelah diaplikasikan di kulit, retinol menjadi asam retinoat. Karena ada proses konversi itulah yang membuat efek dari retinol tidak bisa langsung terlihat, namun perlahan memperlihatkan hasil baik di kulit.

"Ini bukan berarti retinol tidak sebaik retinoid yang memang bisa terlihat hasilnya segera. Penggunaan retinol harus rutin untuk melihat hasilnya," kata dr Melanie Palm, dokter kulit bersertifikat dan profesor klinis di Scripps Encinitas Memorial Hospital di California.

Nah, bicara manfaat, retinol sangat baik untuk anti-aging. "Saat retinol mengikat reseptor retinoid pada kulit, ini meningkatkan pergantian sel dan merangsang produksi kolagen kulit," kata dr Zeichner.

Dengan begitu, retinol yang Anda pakai akan memberi efek memperbaiki garis-garis halus di wajah, memperbaiki tekstur kulit wajah, bahkan memberi kesan kulit wajah yang halus.

Karena manfaat baik tersebut, dokter kulit di Montgomery Dermatology di Pennsylvania, dr. Erum Ilyas merekomendasikan untuk menggunakan retinol di malam hari dan menjadikan retinol sebagai bagian dari rangkaian sincare rutin Anda.

"Retinol adalah 'permainan panjang'. Artinya, butuh waktu yang lama untuk kemudian retinol bisa memberi manfaat ke kulit. Penggunaan retinol sebagai skincare malam Anda bisa memberi efek yang lebih baik," tuturnya.

Di sisi lain, CEO Dear Me Beauty, Nikita Wiradiputri memaparkan, mengaplikasikan retinol yang ada di dalam moisturizer bisa menjadi pilihan yang baik untuk Anda yang mau rutinkan penggunaan retinol.

"Kandungan retinol yang terkenal sangat baik untuk kulit akan lebih maksimal lagi jika dipadukan dengan moisturizer yang mampu memberikan kelembapan dan hidrasi secara ekstra ke lapisan kulit terdalam," jelasnya melalui keterangan tertulis, Kamis (23/6/2022).

Dengan kandungan retinol yang stabil, lembut, dan aman, sambung Nikita, pelembap yang diformulasikan dengan retinol HPR Retinoate 2% seperti yang ada di Overnight Renewal Water Cream, itu aman digunakan setiap hari.

Baca juga: Konser Maliq & D'Essentials Gratis di Vision+, Nonton Orkes Semesta Sekarang!

"Bahkan, pelembap retinol seperti itu juga aman dipakai mulai dari usia 12 tahun apabila mengalami masalah jerawat akut atau memerlukan perawatan jerawat yang lebih intensif," lanjut Nikita.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1907 seconds (0.1#10.140)