Jagokan Subak Kertalangu, Denpasar Raih Penghargaan Promosi Desa Wisata Nusantara Tingkat Nasional

Kamis, 23 Juni 2022 - 19:39 WIB
loading...
Jagokan Subak Kertalangu, Denpasar Raih Penghargaan Promosi Desa Wisata Nusantara Tingkat Nasional
Wali Kota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara menerima penghargaan Promosi Desa Wisata Nusantara, Kamis (23/6/2022) di gedung pertemuan JS Luwansa Hotel dan Convention Center, Jakarta. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Wali Kota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara menerima penghargaan Promosi Desa Wisata Nusantara, Kamis (23/6/2022) di gedung pertemuan JS Luwansa Hotel dan Convention Center, Jakarta.

Penghargaan ini diserahkan Wakil Presiden Ma'ruf Amin dalam rangkaian penyerahan Coorporate Social Responsibility (CSR) dan Pembangunan Desa Berkelanjutan Awards 2022 yang diselenggarkaan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) Republik Indonsia melalui Direktorat Jenderal Pembangunan Desa dan Perdesaan. Hadir juga Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Trasnmigrasi, Abdul Halim Iskandar.

Ma'ruf Amin dalam sambutannya menyampaikan, promosi merupakan kunci pengembangan desa wisata tersebut. "Saya berharap BUMN dan swasta terus mengembangkan program CSR dengan memotivasi masyarakat mendukung pengembangan desa wisata yang berkelanjutan," ujarnya.

Di samping itu Ma'ruf Amin berharap, pengembangan desa wisata dapat mengembangkan lapangan kerja, terlebih dalam pascapandemi saat ini.

"Semoga penghargaan ini bisa memantik inspirasi bagi desa wisata yang lain," ujar Wapres.

Usai menerima penghargaan, Wali Kota Jaya Negara menyampaikan, penghargaan tersebut tidak terlepas dari program Wisata Edukasi Subak Teba Majalangu yang merupakan salah satu destinasi wisata milik Desa Kesiman Kertalangu yang terletak di kawasan jogging track Desa Budaya Kertalangu.

Wisata Teba Majelangu memiliki konsep edukasi pertanian Bali yang diperkenalkan kepada anak-anak tentang metode-metode pertanian hingga melakukan praktik langsung.

Penghargaan ini juga tidak terlepas dari komitmen masyarakat Desa Kesiman Kertalangu dalam mewujudkan wisata edukasi di Desa setempat. Tak terlepas pula peran dari pihak CSR yang mendukung peningkatan fasilitas Wisata Edukasi Subak Teba Majelangu.

"Penghargaan ini dapat memberikan cambuk semangat kepada masyarakat Desa Kesiman Kertalangu untuk terus berinovasi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa khususnya Wisata Edukasi Teba Majelangu yang dapat memberikan manfaat edukasi, lingkungan dan juga ekonomi," ujar Jaya Negara yang hadir didampingi Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa I Wayan Budha serta camat Denpasari Timur I Made Tirana.

Menurut Perbekel Desa Kesiman Kertalangu I Made Suena menyampaikan, Wisata Edukasi Subak Teba Majelangu berdiri sejak 2020 dan menjadi satu lokasi Desa Budaya Kertalangu. Wisata Edukasi Subak Teba Majelangu ini dihadirkan bukan hanya menyerap sekolah-sekolah dari Desa Kesiman Kertalangu, melainkan juga sekolah-sekolah di Bali hingga ruang lingkup nasional.

"Saat ini Teba Majelangu juga mendapatkan perhatian dari pemerintah pusat dengan memberikan penghargaan sebagai Promosi Desa Wisata Nusantara, serta kami juga mengucapkan terima kasih kepada Wali Kota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara beserta jajarannya yang telah memberikan perhatian serta mendukung terhadap keberadaan Teba Majelangu,” pungkasnya.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1165 seconds (0.1#10.140)