Miliki Banyak Fosil Berusia Jutaan Tahun, Geopark Merangin Siap Jadi Taman Bumi Dunia

Kamis, 23 Juni 2022 - 23:02 WIB
loading...
Miliki Banyak Fosil Berusia Jutaan Tahun, Geopark Merangin Siap Jadi Taman Bumi Dunia
Salah satu lokasi wisata alam yang sangat luar biasa di Indonesia adalah Geopark Merangin, yang berada di Provinsi Jambi. / Foto: ilustrasi/tangkapan layar YouTube
A A A
JAKARTA - Indonesia dikenal sebagai negara yang memiliki kekayaan alam yang indah. Berbagai wisata alam yang luar biasa pun kerap ditemui di banyak tempat di nusantara.

Salah satu lokasi wisata alam yang fantastis adalah Geopark Merangin, yang berada di Provinsi Jambi. Geopark ini tengah menunggu tim UNESCO untuk masuk dalam Taman Bumi Dunia (Global Geopark).

Pemprov Jambi pun mengajak puluhan media melihat langsung Geopark Merangin dalam perhelatan Famtrip Jangkat Festival 2022.

Baca juga: Bukan Varian Delta, BA.4 dan BA.5 Ternyata Keturunan BA.2 dari Omicron

Geopark Merangin sangat istimewa lantaran memiliki koleksi berupa fosil-fosil dari ratusan juta tahun lalu. Tak hanya fosil hewan tapi juga ada fosil daun, kayu, akar dan juga kerang-kerangan.

Fosil-fosil yang diperkirakan berumur lebih dari 300 juta tahun itu bisa dijumpai di sepanjang aliran Sungai Batang Merangin dan Sungai Mengkarang.

Koleksi fosil di Geopark Merangin menurut para peneliti diperkirakan jauh lebih lengkap dari geopark di negara lain seperti China dan Amerika.

Bagi mereka yang hobi wisata alam dan suka rafting dapat menikmati keindahan alam di sepanjang Sungai Batang Merangin sambil melihat fosil-fosil tersebut.

Fosil yang usianya ratusan tahun itu bisa dilihat di beberapa pemberhentian, antara lain fosil kayu purba Araucarioxylon Teluk Gedang, fosil daun Muara Karing, fosil Brakhiopoda Mengkarang hingga formasi Konglomerat Teluk Wang.

Selain menyimpan fosil yang usianya lebih tua dari pulau Sumatera, Geopark Merangin juga menyimpan pesona alam yang luar biasa indah. Hal ini menjadi salah satu yang membedakan Merangin dari kawasan lain.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1108 seconds (10.101#12.26)