5 Tips yang Bisa Anda Lakukan untuk Mengurangi Kadar Gula pada Nasi

Senin, 27 Juni 2022 - 10:27 WIB
loading...
5 Tips yang Bisa Anda Lakukan untuk Mengurangi Kadar Gula pada Nasi
Berbagai perangkat memasak pilihan bisa menjaga kadar gula darah normal. Foto/MSHOP
A A A
JAKARTA - Nasi merupakan salah satu makanan pokok masyarakat Indonesia. Apa pun lauk yang disajikan, umumnya kita menyantapnya dengan nasi. Rasanya, sulit untuk tidak mengonsumsi nasi walaupun hanya sehari saja!

Wajar, ini karena nasi memiliki rasa yang enak, dapat mengimbangi rasa dari lauk itu sendiri, serta dapat membuat kenyang lebih lama. Namun, sangat disayangkan jika dari sekian banyak jenis karbohidrat, nasi putih diakui sebagai makanan yang memiliki kadar gula yang tinggi.

Sehingga, bisa menimbulkan banyak gangguan bagi tubuh jika dikonsumsi secara berlebihan. Salah satunya adalah diabetes dan kegemukan. Namun, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi kadar gula pada nasi sebagai solusi.

1. Menyantap Nasi dengan Protein

Anda bisa mengonsumsi nasi bersama dengan protein. Hasil penurunan indeks glikemik yang paling dianjurkan adalah dengan menggabungkan konsumsi nasi dengan tofu. Lengkapi dengan berbagai sumber protein lain seperti daging ayam, ikan, atau daging sapi.

Baca Juga : 3 Gejala Kolesterol Tinggi di Kaki yang Harus Segera Diobati

2. Tambahkan Tepung Kelapa

Tambahkan tepung kelapa dengan takaran 6-7 sendok makan pada 1 cup beras saat dimasak. Kandungan tepung kelapa memiliki serat yang cukup untuk menghambat penyerapan glukosa pada tubuh.

Cara ini akan menurunkan indeks glikemik nasi dari 89% menjadi menjadi 49%. Karena penyerapan glukosa pada nasi campuran tepung kelapa cenderung lambat, kadar gula darah pun bisa terjaga.

3. Tambahkan Jeruk Nipis dan Daun Pandan
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1688 seconds (10.177#12.26)