Kembali Berwisata di Sekitar Jakarta di Masa Transisi New Normal

Kamis, 25 Juni 2020 - 15:06 WIB
loading...
Kembali Berwisata di Sekitar Jakarta di Masa Transisi New Normal
Beberapa tempat wisata sudah mulai dibuka dengan adanya masa transisi ke new normal. Anda pun bisa mengunjungi tempat-tempat di Jakarta, seperti museum hingga pantai. Foto/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Tak terasa sudah tiga bulan lebih kita hanya beraktivitas di rumah, sejak pemberlakuan social distancing. Namun, pertengahan 2020 ini beberapa tempat wisata sudah mulai dibuka dengan adanya masa transisi ke new normal.

Anda yang kangen berwisata pun bisa berkeliling kota Jakarta yang belum lama ini berulang tahun. Berikut beberapa tempat wisata, seperti museum, perpustakaan dan pantai yang bisa dikunjungi!

1. Museum dan Galeri Seni
Jakarta punya banyak museum yang pada masa transisi ke new normal sudah mulai buka. Seperti museum sejarah dan kesenian yang berada di bawah naungan Disparekraf Provinsi DKI Jakarta, yaitu Museum Sejarah Jakarta atau Museum Fatahillah, Museum Wayang yang ada di kawasan Kota Tua, Museum Bahari, serta beberapa museum lain, termasuk Museum Mandiri juga sudah dibuka kembali sejak 9 Juni 2020. Namun, Museum yang terletak di kawasan Kota Tua ini hanya akan buka pada hari Selasa dan Kamis pukul 10.00-14.00 WIB sepanjang masa PSBB Transisi di bulan Juni ini.

Selama dibuka, pihak museum tetap akan menerapkan protokol new normal seperti pengecekan suhu dan membatasi jumlah pengunjung hanya 50%. Ke depannya, saat masuk masa new normal sebaiknya Anda juga mulai membiasakan diri membeli tiket secara online agar menghindari transaksi menggunakan uang fisik maupun berdesakan dan melakukan kontak fisik dengan pengunjung lain. Beberapa museum di Jakarta sudah memberlakukan pemesanan tiket secara online sebelum adanya new normal misalnya Museum Macan, meskipun museum ini belum secara resmi buka kembali. Sebaiknya sebelum memesan dan datang, lakukan pengecekan kembali melalui situs resmi museum yang ingin dikunjungi.

2. Mall atau Pusat Perbelanjaan
Wisata belanja bagi kaum urban Jakarta memang tidak bisa lepas dari keseharian, walaupun sejak pandemi 3 bulan terakhir sebagian besar orang akhirnya beralih ke belanja online. Namun untuk Anda yang sudah kangen hang out pertengahan Juni ini sudah banyak mall yang bisa didatangi.

Setidaknya ada sekitar 80 mall yang sudah siap beroperasi lagi tentunya menggunakan prosedur new normal yang masih membatasi jumlah pengunjung, aka nada pengecekan suhu dan aturan social distancing lainnya. (Baca juga: Tiga Aspek Ini Kunci Bangkitkan Pariwisata di Tengah Pandemi Covid-19 ).

Namun, perlu diingat tidak semua tenant membuka gerainya, jadi sebelum datang ke mall favorit Anda pastikan untuk mengecek melalui website ataupun akun social media mereka untuk memastikannya. Nah, di pusat kota Jakarta deretan mall yang sudah buka sejak 18 Juni 2020 lalu di antaranya Grand Indonesia Shopping Mall, Plaza Indonesia, Senayan City, Kuningan City, dan Mall Kota Kasablanka.

3. Perpustakaan
Rekreasi di Jakarta tidak selalu harus ke tempat hiburan kan? Bagi pecinta buku, perpustakaan merupakan salah satu tempat rutin untuk rekreasi dan mencari referensi buku. Terutama untuk pelajar dan mahasiswa yang memerlukannya untuk bahan study.

Perpustakaan di Jakarta yang sudah buka kembali adalah Perpustakaan pusat atau Perpustakaan Nasional Republik Indonesia yang lokasinya ada di Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta. Namun perlu diingat, kalau operasional perpustakaan juga dibatasi, yakni buka setiap Senin – Jum’at pukul 08.00 – 15.30 dan libur pada akhir pekan termasuk saat ada hari libur nasional. Perpustakaan ini juga menerapkan protokol kesehatan seperti membatasi jumlah pengunjung maksimal 1000 orang per hari.

4. Taman Kota
Anda termasuk yang biasa pergi ke taman kota saat akhir pekan untuk sekedar menghirup udara segar atau berolahraga? Nah, saat transisi ke new normal, beberapa taman kota sudah mulai bisa didatangi, namun tetap dengan protokol kesehatan. (Baca juga: Pepes Tahu Kunyit, Kombinasi Rasa yang Bikin Nagih ).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1544 seconds (0.1#10.140)