Ringan Sukses Bantu Ratusan UMKM di Kota Makassar

Kamis, 30 Juni 2022 - 22:35 WIB
loading...
Ringan Sukses Bantu Ratusan UMKM di Kota Makassar
Ringan berpartisipasi dalam acara yang digelar oleh Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI) yang didukung penuh oleh Otoritas Jasa Keuangan. Foto/istimewa
A A A
JAKARTA - PT Ringan Teknologi Indonesia (Ringan) berpartisipasi dalam acara yang digelar oleh Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI) yang didukung penuh oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Acara ini juga turut menghadiri 25 perusahaan finansial teknologi maupun perusahaan yang ada dalam ekosistem fintech lending dengan ragam produk finansial yang dapat memiliki peran penting
dalam kemajuan industri UMKM di Kota Makassar.

Pada hari pertama telah dilaksanakan kegiatan business matching yaitu sesi tatap muka secara langsung antara perusahaan penyedia pemberi modal dengan pemilik usaha mikro kecil dan menengah yang bertujuan untuk membuka potensi sinergi antara kedua belah pihak.

Terdapat 46 pelaku usaha mikro kecil dan menengah yang terdaftar pada acara tersebut. Ringan turut berpartisipasi dalam mengenalkan produk unggulan yaitu RinganKTA yang saat ini ditujukan untuk membantu para pelaku usaha mikro kecil dan menengah dalam memulai usaha maupun mengembangkan usaha yang dimiliki saat ini.

"Acara ini sangat membantu kami untuk mengenalkan produk produktif yang saat ini sedang menjadi fokus utama bisnis di Ringan yaitu RinganKTA, terlebih dalam melakukan ekspansi bisnis di berbagai kota. Saat ini Ringan telah berhasil membantu 168 Partner Ringan yang berada di Kota Makassar dengan total pencairan hingga 500 juta," kata Eveline Shinta Hutajulu selaku Komisaris PT Ringan Teknologi Indonesia melalui siaran resminya, Kamis (30/6/2022).


"Kami selaku perusahaan fintech lending yang diawasi penuh dan berizin OJK berupaya untuk membangun produk yang dapat membantu para pelaku UMKM dalam memulai langkah baru dalam berbisnis maupun mereka yang saat ini membutuhkan dana darurat atau dana tambahan untuk kebutuhan operasional bisnis mereka. Sehingga visi kami yaitu menciptakan inklusi keuangan di Indonesia dapat berjalan selaras dengan kemajuan produk yang kami tawarkan," sambungnya.

Acara diselenggarakan selama dua hari dan turut dihadiri oleh Tris Yulianta selaku Direktur Pengaturan Perizinan dan Pengawasan Fintech Otoritas Jasa Keuangan beserta seluruh jajaran yang bertugas, selain itu pimpinan HIPMI juga turut serta dalam memberikan pidato singkat tentang perkembangan UMKM di Kota Makassar.

“Fintech Lending Days – Makassar menjadi wadah dan sarana yang penting bagi Fintech Pendanaan Bersama untuk berkolaborasi dengan OJK dalam memberikan literasi dan meningkatkan keuangan digital bagi para pelaku UMKM di kota Makassar dan wilayah Indonesia Timur yang saat ini masih menjadi pekerjaan rumah bersama bagi OJK dan juga para penyelenggara Fintech Pendanaan Bersama,” jelas Munawar Kasan selaku Deputi Direktur Pengaturan, Penelitian dan Pengembangan Fintech OJK.

"Melihat begitu besarnya peranan Fintech Pendanaan Bersama bagi perekonomian nasional, acara Fintech Lending Days - Makassar menjadi sarana yang tepat bagi AFPI untuk meningkatkan inklusi keuangan dan akses keuangan UMKM, khususnya di Makassar dan sekitarnya, yang juga akan menjadi perhatian dalam arah strategis kami sebagai asosiasi yang menaungi Fintech Pendanaan Bersama,” tambah Entjik S. Djafar selaku Ketua Bidang Edukasi, Literasi, dan Riset AFPI.


Acara ini diharapkan dapat menjadi agenda rutin yang dapat dilaksanakan setiap tahunnya, tidak hanya di Makassar melainkan di seluruh wilayah Indonesia. Pasalnya, di Indonesia menurut data dari Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah terdapat 64,2 juta populasi pelaku UMKM dengan kontribusi terhadap nilai Produk Domestik Bruto sebesar 61,07% atau senilai Rp 8,573,89 Triliun. Dengan demikian, peran pemerintah dalam membangun industri ekonomi serta kemajuan teknologi finansial dapat bersinergi dengan optimal.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1838 seconds (0.1#10.140)