Sering Mual saat Haid? Ini Penyebab dan Cara Mengatasi

Jum'at, 01 Juli 2022 - 14:52 WIB
loading...
Sering Mual saat Haid? Ini Penyebab dan Cara Mengatasi
Selain nyeri pinggang, mual seringkali dirasakan saat menstruasi. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Kram perut dan sakit pinggang seringkali menyertai saat menstruasi datang. Tak hanya itu, mual saat haid ternyata cukup sering terjadi. Tentu saja, kondisi ini tidak menyenangkan dan mengurangi kenyamanan. Untuk itu, tidak ada salahnya untuk mencari tahu apa saja penyebab mual saat menstruasi serta cara mengatasinya.

Penyebab Mual saat Haid

Umumnya, rasa mual saat menstruasi disebabkan oleh perubahan hormon yang terjadi selama siklus berlangsung. Perubahan ini tergolong normal dan tidak perlu dicemaskan. Namun, mual terkadang menandakan masalah kesehatan yang lebih serius.

Jika mual disertai dengan demam atau gejala yang mengganggu lainnya, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter. Sebelum itu Anda bisa mencari tahu mengapa kepala bisa pusing dan perut terasa mual saat haid di bawah ini.

1. Dismenore (nyeri haid)

Salah satu penyebab mual saat haid adalah dismenore. Kondisi yang juga dikenal sebagai nyeri haid ini diakibatkan oleh peningkatan kontraksi pada uterus. Hal ini terjadi ketika lapisan rahim menghasilkan prostaglandin dalam jumlah besar, yaitu hormon pengontrol kontraksi rahim.

Sementara itu, prostaglandin bisa masuk ke aliran darah. Akibatnya, Anda bisa merasakan gejala seperti mual, muntah, hingga sakit kepala ketika menstruasi.

Baca Juga : Penyebab Menstruasi Datang Lebih Cepat

2. Sindrom pramenstruasi (PMS)

Selain dismenore, sindrom pramenstruasi atau yang lebih dikenal dengan PMS bisa menjadi penyebab mual saat menstruasi. PMS biasanya menimbulkan gejala fisik dan emosional yang terjadi 1 hingga 2 minggu sebelum haid tiba.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2329 seconds (10.101#12.26)