Joe Turkel, Bintang Film The Shining Meninggal Dunia

Senin, 04 Juli 2022 - 09:58 WIB
loading...
Joe Turkel, Bintang Film The Shining Meninggal Dunia
Joe Turkel, bintang film The Shining meninggal dunia di Rumah Sakit St. John di Santa Monica, California. Turkel menghembuskan napas terakhir di usia 94 tahun. Foto/Cinema Blend
A A A
JAKARTA - Joe Turkel, bintang film The Shining meninggal dunia di Rumah Sakit St. John di Santa Monica, California pada Senin, 27 Juni 2022 waktu setempat. Turkel menghembuskan napas terakhirnya di usia 94 tahun.

Turkel meninggalkan dua putranya, dua menantu dan saudaranya David Turkel. Turkel adalah seorang pemain yang produktif dengan lebih dari 100 kredit di berbagai film dan acara TV.

Turkel terkenal karena peran pendukungnya dalam tiga film Stanley Kubrick, termasuk The Killing, Paths of Glory dan The Shining.

Dilansir dari Variety, Senin (4/7/2022) dalam film itu, dia berperan sebagaibartender hantu, Lloyd. Dia juga memiliki peran penting dalam Blade Runner 1982 sebagai pencipta replika eksentrik Eldon Tyrell.


Turkel lahir di Brooklyn pada 1927, dan bergabung dengan Angkatan Darat AS pada usia 17 tahun. Dia bertugas di Eropa selama Perang Dunia II. Setelah perang, dia pindah ke California untuk mengejar akting, dan mendapatkan kredit film pertamanya melalui City Across the River pada 1948.

Selama empat dekade berikutnya, Turkel membintangi film-film terkenal termasuk King Rat, The Sand Pebbles, The St. Valentine's Day Massacre dan film terakhirnya, The Dark Side of the Moon. Dia juga muncul dalam tiga film sutradara Bert I. Gordon yaitu Tormented, The Boy and the Pirates dan Village of the Giants.

Di TV, dia muncul dalam episode acara populer seperti The Life and Legend of Wyatt Earp, Sky King, Tales from the Darkside, The Lone Ranger, SWAT, Adam-12, Ironside, The Andy Griffith Show, Ben Casey, The Untouchables, Dragnet, Miami Vice dan Bonanza.

Penghargaan terakhirnya sebelum pensiun adalah peran suara dalam spin-off video game Blade Runner 1997. Menurut seorang perwakilan, sebelum meninggal dunia, Turkel menyelesaikan sebuah memoar berjudul The Misery of Success yang rencananya akan diterbitkan keluarganya akhir tahun ini.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1929 seconds (0.1#10.140)