Perasaan Mudah Lelah saat Hamil Jangan Disepelekan, Itu Gejala Penyakit

Senin, 04 Juli 2022 - 17:07 WIB
loading...
Perasaan Mudah Lelah saat Hamil Jangan Disepelekan, Itu Gejala Penyakit
Kondisi mudah lelah menandakan ada sesuatu yang tidak benar di tubuh bumil alias ibu hamil. Foto Ilustrasi/Times of India
A A A
JAKARTA - Apakah Anda termasuk ibu hamil yang suka menyepelekan rasa capek atau lelah yang kerap muncul tanpa sebab? Padahal, kondisi seperti itu tidak boleh disepelekan.

Ya, anggapan 'ah, ibu hamil mah sudah biasa capek dan gampang lelah' bukan sesuatu yang boleh dibenarkan. Sebab, kondisi tersebut menandakan ada sesuatu yang tidak benar di tubuh bumil alias ibu hamil.

Bumil yang sehat adalah harapan semuanya dan gejala ringan seperti gampang lelah itu semestinya tidak dialami bumil.

Baca Juga: 5 Masalah yang Muncul Jika Jarak Kelahiran dan Kehamilan di Bawah 2 Tahun

Dijelaskan Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi Konsultan Obstetri dan Ginekologi Sosial Prof Dwiana Ocviyanti, SpOG(K), jika bumil mengalami kondisi gampang lelah, ada baiknya periksa ke dokter.

"Bisa jadi itu tanda kalau Anda mengalami kondisi kekurangan darah atau anemia," kata Prof Ovi, sapaan akrabnya, dalam Webinar tentang Anak X BKKBN, Senin (4/7/2022).

Pemeriksaan hemoglobin mungkin akan direkomendasikan dokter untuk melihat kadar darah dalam diri bumil. Jika hasil menunjukkan di bawah angka 12, maka besar kemungkinan bumil mengalami anemia.

"Jadi, kalau gampang banget capek, terlebih tidak melakukan apa-apa sebelumnya, maka periksakan diri ke dokter yang ada di Puskesmas misalnya. Pastikan hemoglobin di atas 12, yang artinya Anda tidak mengalami anemia," papar Prof Ovi.

Baca Juga: Ini 5 Hal yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan saat Hamil

Anemia yang terjadi pada ibu hamil bukan hal yang baik. Jika bumil mengalami anemia, ada beberapa risiko masalah kesehatan yang bisa terjadi. Misalnya pertumbuhan janin tidak baik bahkan masalah di janin.

"Anemia pada ibu hamil juga bisa berisiko sebabkan janin lahir prematur bahkan keguguran," ungkap Prof Ovi.

Karena itu, ia menegaskan sekali bahwa bagi ibu hamil yang belakangan ini mengalami gampang letih terlebih tanpa sebab pasti, segera ke fasilitas kesehatan untuk dilakukan pengecekan dan pengobatan jika ditemukan ada masalah kesehatan.

"Jangan anggap sepele gampang capek saat hamil, ya. Sebab, ibu hamil yang sehat itu tidak mengalami kondisi itu," tambah Prof Ovi.
(tsa)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1400 seconds (11.210#12.26)