53 Tahun Ajinomoto Perkuat Komitmen Tingkatkan Harapan Hidup Sehat dan Pelestarian Lingkungan di Indonesia

Senin, 04 Juli 2022 - 12:53 WIB
loading...
53 Tahun Ajinomoto Perkuat Komitmen Tingkatkan Harapan Hidup Sehat dan Pelestarian Lingkungan di Indonesia
PT Ajinomoto Indonesia tengah merayakan 53 tahun kehadirannya di Indonesia. Menjalani usianya saat ini, Ajinomoto semakin memperkuat komitmen dalam meningkatkan harapan hidup sehat keluarga di Indonesia. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - PT Ajinomoto Indonesia tengah merayakan 53 tahun kehadirannya di Indonesia. Menjalani usianya saat ini, Ajinomoto semakin memperkuat komitmen dalam meningkatkan harapan hidup sehat keluarga di Indonesia.

“Hadir di Indonesia sejak Juli 1969, Ajinomoto Indonesia Group berpegang pada Ajinomoto Shared Value yang berfokus pada pilar kesehatan dan kesejahteraan, sumber daya pangan, dan keberlanjutan global," kata Presiden Direktur PT Ajinomoto Indonesia Shinichi Matsumoto melalui siaran pers, Senin (4/7/2022).

"Ajinomoto terus berkontribusi untuk kesehatan yang lebih baik bagi keluarga Indonesia, dengan membuka kekuatan dari asam amino untuk mengatasi masalah makanan dan kesehatan yang terkait dengan kebiasaan makanan dan penuaan melalui kontribusi untuk perbaikan dalam makanan, kesehatan, dan kehidupan yang bermanfaat," tambahnya.

Berbagai upaya dilakukan Ajinomoto untuk kesehatan dan kehidupan yang lebih baik. Misalnya lewat praktik ekonomi sirkular untuk ciptakan proses produksi ramah lingkungan. Selain mengolah produk samping cair dari hasil produksi MSG, Agriculture Development Department Ajinomoto juga mengolah produk samping dalam bentuk padat menjadi pembenah tanah GCC Mix, material pakan ternak TRITAN, dan beberapa co-product lain yang mempunyai nilai jual.

Pabrik Ajinomoto di Mojokerto telah pula melakukan berbagai upaya untuk mencapai Zero Waste guna meminimalkan dan mengurangi pencemaran lingkungan hingga ke titik nol. Seperti pengurangan emisi karbon, pengurangan konsumsi air, serta penerapan Bio-Cycle & Eco-Activity yang menghasilkan co-product seperti Pupuk AJIFOL, AMINA, dan bahan baku pakan ternak FML. Selain itu ada juga peningkatan pengelolaan air limbah supaya ketika disalurkan ke Sungai Brantas kualitas airnya menjadi lebih baik dan bersih.

“Kami berkomitmen mendukung pelestarian lingkungan dengan mengurangi penggunaan air hingga 31%, dari based line tahun 2016, dengan melakukan penghematan melalui peningkatan kualitas air (water treatment) pada aktivitas produksi. Komitmen kami ini juga merupakan wujud partisipasi Ajinomoto dalam mensukseskan program pelestarian lingkungan hidup dari pemerintah Indonesia dan seiring dengan cita-cita Ajinomoto Co., Inc (Jepang) dalam membantu mengurangi dampak lingkungan hingga 50%," papar Matsumoto.

Selain pelestarian dan kesehatan lingkungan, Ajinomoto juga concern pada persoalan nutrisi manusia. Bagi Ajinomoto, nutrisi yang baik adalah hal besar yang disoroti. Nutrisi yang baik merupakan modal penting bagi pertumbuhan generasi masa depan.

“Anak Indonesia membutuhkan nutrisi yang baik dan lengkap untuk tumbuh. Dengan nutrisi yang lengkap, perkembangan mental dan fisik anak Indonesia akan bertambah baik,sehingga dapat tumbuh menjadi bangsa yang kuat," ujar Matsumoto.

School Lunch Program (SLP) menjadi salah satu inisiasi Ajinomoto dalam rangka mencegah masalah malnutrisi pada anak-anak. Mereka menggandeng Institut Pertanian Bogor (IPB) dan menggelar program SLP di pesantren penerima program.

"Melalui program tersebut, kami mendapatkan hasil yang positif dengan adanya perbaikan gizi para santri. Tidak berhenti di sana, kami juga bekerja sama dengan Dept. Gizi Masyarakat IPB dan Kementerian Agama RI untuk menghadirkan buku panduan SLP yang berisikan edukasi gizi, tips pelaksanaan program, dan berbagai aplikasi menu lezat bergizi seimbang,” ungkap Matsumoto.

Tak berhenti sampai di situ, Ajinomoto berkomitmen pula untuk terus konsisten dalam menerapkan Sistem Jaminan Halal (SJH) di semua pabrik. Ini dibuktikan dengan keberhasilan Ajinomoto mempertahankan predikat A dan meraih HAS Award 2021 yang diselenggarakan pada 31 Mei 2021 oleh LPPOM MUI.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1450 seconds (0.1#10.140)