Tips Memilih Beras dalam Kemasan Supaya Menghasilkan Nasi yang Lezat

Selasa, 05 Juli 2022 - 13:32 WIB
loading...
Tips Memilih Beras dalam Kemasan Supaya Menghasilkan Nasi yang Lezat
Beras berkualitas adalah salah satu kunci untuk menghasilkan nasi yang lezat. Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Nasi merupakan makanan pokok orang Indonesia yang dibuat dari beras dan dikonsumsi sehari-hari. Karena rutin mengonsumsinya, maka sangat penting bagi Anda untuk dapat menentukan beras yang memiliki kualitas baik.

Jangan sampai, kita terkecoh dalam membeli beras. Jika beras yang Anda pilih berkualitas buruk, tentunya ini akan berdampak pada kesehatan Anda dan keluarga. Nah, agar hal tersebut tidak terjadi, berikut adalah beberapa tips cerdas yang bisa Anda lakukan dalam memilih beras berkualitas.

Cobalah Meremas Beras

Cara pertama yang dapat Anda lakukan untuk mengecek kualitas dari beras adalah dengan cara meremas beras tersebut dalam kepalan tangan, lalu lihatlah hasilnya. Apabila beras tersebut menempel pada telapak tangan, maka mungkin saja kadar airnya di atas standar rata-rata. Oleh sebab itu, pastikan kita memilih kualitas beras yang baik.

Baca Juga : Penyebab Harga Beras Tidak Stabil dan Cenderung Tinggi

Gigit Bulir Beras

Anda dapat memilih beras berkualitas baik dengan cara menggigit bulir dari beras. Apabila saat digigit, beras terasa keras dan kuat, maka artinya beras tersebut memiliki kualitas baik. Sementara, apabila saat digigit lalu beras terasa rapuh dan mudah hancur, maka perlu diperhatikan karena bisa jadi kualitas berasnya kurang baik.

Cium Aroma Beras

Beras berkualitas baik juga dapat ditentukan dari aromanya. Sebelum membeli beras, Anda bisa mencoba untuk mencium beras tersebut terlebih dahulu. Karena umumnya, beras berkualitas baik adalah yang memiliki aroma khas alami beras.

Pilih Beras Premium

Menurut kebijakan Kementerian Pertanian (Kementan), beras dibedakan menjadi dua jenis, yakni beras medium dan premium. Beras premium memiliki berbagai keunggulan baik dari derajat sosoh, kadar air, maupun warna serta wangi beras. Sehingga, beras premium dikenal lebih baik untuk menghasilkan nasi yang berkualitas.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1533 seconds (10.101#12.26)